Parenting
Berdamai dengan Peran Ganda, Harmonisasi Keluarga dan Karier Berdamai dengan peran ganda (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

EMANSIPASI perempuan tidak mampu mengenyahkan kesenjangan gender dan bias gender, terutama terhadap perempuan. Tahun ini, para perempuan tangguh dari berbagai belahan dunia menyerukan untuk mematahkan bias terhadap perempuan di ranah teknologi.

Tema #BreakTheBias mengajak dunia untuk tidak hanya mengenali perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari lanskap teknologi global yang terus berkembang. Tetapi membantu mengatasi masalah-masalah seperti budaya di lingkungan kerja, ketidaksetaraan dalam hal upah dan kesempatan. Serta kurangnya inklusivitas gender.

Baca Juga:

Dee Lestari Bagi Tips Agar Anak Gemar Baca Buku

Fara Abdullah
Fara Abdullah, Managing Director Bitsmedia (Foto: Bitsmedia)

Fara Abdullah, Managing Director Bitsmedia dari aplikasi gaya hidup Muslim, berbagi pengalamannya bekerja di ranah teknologi. Dia juga berbagi tentang hal yang perlu dilakukan untuk mendorong lebih banyak perempuan bertalenta untuk mematahkan bias dari bekerja di bidang teknologi.Fara mengungkapkan, sebagai seorang perempuan yang masuk ke industri yang didominasi oleh laki-laki selalu menjadi tantangan. Kondisinya lebih rumit bagi perempuan yang memberanikan diri masuk ke ranahteknologi apalagi untuk menjadi seorang pemimpin.

Fara mengatakan bahwa perusahaannya mempekerjakan lebih dari 60 orang staf yang 48% di antaranya adalah perempuan. Itu membuatnya berada di atas rata-rata global keterwakilan perempuan di perusahaan teknologi besar secara keseluruhan, yaitu sebesar 33%.

“Jumlah staf perempuan di tim kami merupakan sesuatu yang sangat kami banggakan. Kami selalu berusaha agar jumlah tersebut bisa meningkat, karena kami tahu ada banyak perempuan di luar sana yang andal di bidang teknologi, tetapi tidak memiliki akses ke berbagai kesempatan yang tersedia,” ujar perempuan yang berdomisili di Singapura.

Lebih lanjut, perempuan ibu dari dua anak ini mengatakan bahwa mereka mencoba untuk mengubah dinamika tersebut dengan memberikan kesempatan kepada perempuan yang memiliki talenta dan semangat untuk bekerja di bidang teknologi.

Menduduki jabatan penting tidak membuat Fara lupa kewajibannya sebagai ibu. Dirinya tetap berusaha untuk menyeimbangkan perannya sebagai seorang pemimpin dan seorang ibu.

Fara juga memastikan untuk dapat memenuhi kewajibannya sebagai seorang istri. Dirinya merasa benar-benar bersyukur memiliki pasangan hebat yang memahami kebutuhannya dan memiliki peran setara dalam mengatur keluarga.

“Dukungan penuh dari keluarga besar juga penting karena ada begitu banyak orang yang mendukung saya dan semua yang saya lakukan. Dukungan keluarga dan teman-teman memungkinkan saya untuk mencapai apa yang saya miliki saat ini, dan saya sangat bersyukur dan merasa diberkati. Saya juga bersyukur atas dukungan suami saya, karena posisi saya akan terasa sangat menantang jika saya tidak memiliki dukungan yang kuat dari pasangan,” tambahnya.

Baca Juga:

Siapkan Hal Ini Sebelum Anak Masuk TK

ibu
Perempuan tidak dapat mengundurkan diri dari perannya sebagai ibu (Foto: Pexels/Sunvani Hoang)

Bagi Fara, pesan paling penting bagi perempuan yang telah berkeluarga atau perempuan yang berencana untuk berkeluarga adalah mereka akan membuat keputusan-keputusan yang sulit.

"Seorang perempuan tidak dapat mengundurkan diri dari peran sebagai ibu. Tetapi jumlah waktu yang dicurahkan untuk peran tersebut tergantung pada dirinya sendiri," ujarnya.

Seberapa besar kesuksesan seorang ibu yang berkarir tergantung dari bagaimana ia mengatur dan membagi waktunya antara dua kegiatan tersebut.

“Bagi saya, menjadi seorang ibu dan mengembangkan karir bukanlah peran yang saling eksklusif. Mengatur keduanya melibatkan kurva pembelajaran yang sangat besar. Saya melihat bahwa kebanyakan ibu yang berkarier profesional mengatur dan menggunakan waktu mereka dengan sangat cermat," jelasnya.

Dari pengamatannya, Fara menemukan orang-orang yang tidak dapat mengatur waktu mereka akan memiliki masalah terbesar dalam menangani berbagai tuntutan hidup.

Lebih lanjut Fara berbagi bahwa ia mencoba memimpin dengan memberi contoh dan menunjukkan kepada komunitas yang lebih besar bahwa perempuan di sini punya banyak peran. Karena mereka juga pasangan, ibu, saudara perempuan, anak perempuan, dan teman.

"Kami masih dapat melakukan hal-hal yang luar biasa dan pada saat bersamaan menjadi ibu atau menjalani peran apa pun di rumah,” tukasnya. (avia)

Baca Juga:

Pola Asuh yang Salah Sebabkan Anak Sering Tantrum

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Diet Bukan Alasan Lewatkan Makan Malam
Kuliner
Diet Bukan Alasan Lewatkan Makan Malam

Perut yang kosong semalaman akan membuat kinerja metabolisme menurun.

Awas, Deretan Penyakit Ini Mengintai Anak Saat Lebaran
Fun
Awas, Deretan Penyakit Ini Mengintai Anak Saat Lebaran

Waspadai sejumlah penyakit yang mengintai anak-anak saat lebaran,

Mengintip Kolaborasi Terbaru Converse X Peanuts
Fashion
Mengintip Kolaborasi Terbaru Converse X Peanuts

Converse dan Peanuts bermaksud mempersembahkan hal-hal jenaka sekaligus menyuntikkan semangat positif

Buah Tinggi Kandungan Air, Cara Enak Menghidrasi Tubuh
Fun
Buah Tinggi Kandungan Air, Cara Enak Menghidrasi Tubuh

Buah tinggi air untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Satu Jam, Durasi Olahraga yang Disarankan Selama Ramadan
Fun
Satu Jam, Durasi Olahraga yang Disarankan Selama Ramadan

Selama Ramadan jangan berolahraga lebih dari satu jam.

Kelebihan Penggunaan VPS Niagahoster untuk Web Bisnis Kamu
Fun
Kelebihan Penggunaan VPS Niagahoster untuk Web Bisnis Kamu

Yang perlu diperhatikan dalam membuat website salah satunya memperhatikan VPS.

Semifinal IBC 2022 Dimulai, Paruh Pertama Bikin Deg-degan
Kuliner
Semifinal IBC 2022 Dimulai, Paruh Pertama Bikin Deg-degan

Mereka mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki untuk memastikan langkah mereka berlanjut ke babak final.

4 Tim akan Bersaing di Kejuaraan Dunia CS:GO Female pada Bali 14th World Esports Championship
Fun
4 Tim akan Bersaing di Kejuaraan Dunia CS:GO Female pada Bali 14th World Esports Championship

Tiga negara siap bersaing melawan Indonesia di CS:GO Female pada Bali 14th World Esports Championship

Mengenal Dunia VTuber, Tokoh Virtual Berupa Animasi
Fun
Mengenal Dunia VTuber, Tokoh Virtual Berupa Animasi

VTuber diwakili oleh avatar digital yang dirancang dengan grafis komputer.