Teman Sejati Enggak Minta 'Harga Teman' Menjaga hubungan pertemanan dengan berhenti minta 'harga teman' (Unsplash/Brooke Cagle)

TEMAN dekatmu ada yang baru saja memulai bisnis, jangan sesekali kamu minta 'harga teman' ya. Tentunya kamu harus menjadi partner yang mendukung bisnis teman bukan?

Dalih harga teman sebenarnya sudah seringkali didengar, bahkan dilakukan orang-orang untuk memalaki bisnis atau usaha teman mereka sendiri.

Baca juga:

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini

Sudah jelas ini bukanlah bentuk dukungan, tetapi membuat temanmu mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Melansir side.id, ada beberapa alasan mengapa kamu harus berhenti meminta harga teman.

1. Kerugian berujung bangkrut

Teman Sejati Enggak Minta 'Harga Teman'
Bisnis bisa rugi bila terus menerus diminta dengan harga teman. (Unsplash/Alexander Mils)

Nah, kalau ingin membantu bisnis teman tentunya kamu juga harus menghargai dengan tidak memalak dengan harga teman.

Jika terus menerus dibeli dengan harga teman, bisa-bisa bisnisnya mengalami kerugian. Kalau kerugian terus menerus hal ini bisa menyebabkan bisnis temanmu ini bangkrut.

Kalau memang teman, masa mau bikin bisnis teman bangkrut? Belum lagi jika keuntungan yang diambil dari usaha tersebut tidak terlalu besar. Bila dipotong lagi dengan harga teman, ya ambyar.

2. Merusak Pertemanan

Teman Sejati Enggak Minta 'Harga Teman'
Hubungan pertemanan yang baik bisa rusak dengan adanya harga teman. (Unsplash/Chris Liverani)

Di sisi lain, harga teman juga bisa membuat hubungan pertemanan rusak. Hal ini bisa saja terjadi ketika kamu memalaki bisnisnya dengan modus harga teman. Tentunya itu bukan sebuah bentuk dukungan.

Baca juga:

3 Cara Mendukung Bisnis Teman Biar Makin Laris

Kamu bisa membantu usaha temanmu dengan membeli barang dan jasa yang mereka tawarkan. Bisa juga dengan mempromosikan bisnisnya di media sosial. Sehingga temanmu akan merasa senang dengan dukungan bukan palakan harga teman.

3. Membentuk asumsi buruk tentang bisnis

Teman Sejati Enggak Minta 'Harga Teman'
Harga teman membuat asumsi buruk tentang bisnis. (Unsplash/Bruce Mars)

Bagi orang yang baru pertama kali merintis usaha atau pemula, pasti mengalami banyak tantangan untuk menjalankannya. Masih banyak hal baru yang harus dipelajari untuk mempertahankan dan membuat bisnisnya maju.

Namun, kerapkali menawarkan bisnis kepada teman dekat justru membawa bencana baru. Baru juga mulai sudah dimintai dengan harga teman.

Sehingga kebiasaan buruk ini harus dihentikan, karena praktik ini membentuk persepsi buruk tentang bisnis dikalangan pertemanan. Sebagai teman dekat ada banyak hal kok yang bisa dilakukan untuk mendukung bisnis atau usaha teman.

Baca juga:

Testimoni Terlucu Belanja Online

Beberapa alasan yang disebutkan di atas jelas merugikan bisnis atau usaha teman. Kamu bisa mengerti sekarang mengapa kamu harus berhenti minta harga teman. Jadi, masih mau diteruskan kebiasaan buruk itu? (ren)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH