Kesehatan Mental
Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak Depresi pada anak dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti lesu dan tidak bersemangat, (Freepik/Freepik)

APAKAH kamu tahu jika anak juga bisa depresi? Ya, depresi tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga bisa menimpa anak-anak. Sebenarnya, rasa sedih, kesal, dan suasana hati buruk merupakan hal yang normal terjadi pada anak.

"Tetapi ketika suasana hati yang sedih atau buruk berlangsung selama berminggu-minggu atau lebih lama dan ada pula perubahan lain dalam perilaku anak, itu mungkin tanda depresi," tulis kidshealth.org.

Banyak hal dapat menyebabkan depresi pada anak. Beberapa anak memiliki gen yang membuat mereka lebih sensitif terhadap depresi. Mereka mungkin memiliki anggota keluarga lain yang mengalami depresi.

Sementara anak lainnya mungkin telah mengalami hal-hal yang membuat stres. Antara lain karena kehilangan, trauma, kesulitan berkomunikasi, dan kondisi kesehatan yang serius. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kesedihan atau kesedihan, dan terkadang depresi.

Alodokter menyebut depresi pada anak dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti lesu dan tidak bersemangat, tidak mau bermain, perubahan perilaku, dan penurunan prestasi di sekolah.

Depresi pada anak dapat membatasi kemampuannya untuk beraktivitas secara normal. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor : mulai dari bullying di sekolah, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, perceraian orang tua, kematian orang terdekat, hingga gangguan mental seperti bipolar, autisme, atau OCD.

Kondisi anak yang depresi sering kali tidak disadari. Hal ini karena anak-anak belum dapat menyampaikan perasaannya dengan baik. Oleh karena itu, orang tua perlu mencermati perubahan emosi dan perilaku anak.

Baca juga:

Tanda Gejala Depresi Bagi Anak-Anak, Laki-laki, dan Perempuan

depresi pada anak
Kondisi anak yang depresi sering kali tidak disadari. (Unsplash/Idzard Schiphof)

Gejala

Gejala depresi pada anak dapat dibagi menjadi gejala fisik dan gejala mental. Beberapa gejala fisik pada anak yang mengalami depresi adalah sering sakit kepala, sakit perut, berat badan tidak bertambah atau terlihat semakin kurus, nafsu makan berkurang atau justru bertambah dengan cepat, terlihat letih dan lesu, serta sulit tidur.

Gejala mental ditandai dengan kemungkinan anak mengalami tantrum atau mudah mengamuk. Terlebih jika dirinya dikritik. Dia juga tampak sedih atau bahkan putus asa. Kegiatan di sekolahnya juga terganggu. Misalnya dia tak mau dan mampu menyelesaikan tugas sekolah karena susah berkonsentrasi.

Hubungan dengan teman dan keluarga tak rapat lagi. Dia juga kehilangan pada aktivitas, minat, atau hobinya. Lalu sering muncul perasaan bersalah dan pikiran untuk menyakiti diri sendiri. Kemudian merasa dirinya tidak berharga. Akhirnya dia terlihat gelisah atau cemas

Anak dapat dicurigai mengalami depresi bila gejala-gejala tersebut berlangsung hingga lebih dari 2 minggu dan mengganggu aktivitas anak sehari-hari. Apabila tidak ditangani, gejala depresi pada anak bisa semakin parah dan membahayakan nyawanya.

Baca juga:

Anak Murung tak Melulu Jadi Pertanda Depresi

Depresi pada anak
Jika anakmu terdiagnosis mengalami depresi, ia perlu mendapatkan perawatan dan pengobatan sesuai saran psikolog atau psikiater anak. (Unsplash/Caleb Woods)

Penanganan

Jika anakmu terdiagnosis mengalami depresi, ia perlu mendapatkan perawatan dan pengobatan sesuai saran psikolog atau psikiater anak. Beberapa langkah penanganan yang umumnya dilakukan untuk mengatasi depresi pada anak meliputi konseling dan psikoterapi, termasuk terapi perilaku kognitif; terapi bermain; dan pemberian obat-obatan antidepresan.

Perawatan yang disarankan untuk anak dengan depresi akan disesuaikan dengan berat ringannya gejala depresi, respons anak terhadap terapi, serta kemampuan anak untuk mengikuti sesi terapi dengan baik.

Selain penanganan dari psikolog atau psikiater, peran orang tua sangat penting dalam proses pemulihan depresi pada anak. Orang tua perlu mendampingi anak selama terapi dan memberi dukungan kepada anak yang sedang depresi.

Terapi depresi membutuhkan waktu cukup lama sebelum hasilnya dapat terlihat. Oleh karena itu, orang tua perlu bersabar dan memberikan dukungan emosional selama anak menjalani proses terapi.

Orang tua juga perlu memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu tidurnya, berolahraga secara rutin, dan memiliki kesempatan untuk melakukan hobinya. Hal ini akan memberikan dampak positif pada suasana hatinya.

Ketika anak mengalami depresi, orang tua tentu akan ikut prihatin, sedih, bahkan frustrasi. Namun, cobalah untuk tetap sabar dan memahami kondisi anak, karena hubungan yang positif dengan orang tua akan sangat membantu anak dalam menghadapi depresi.

Jika kamu melihat anak memiliki tanda-tanda yang dicurigai sebagai depresi pada anak, segeralah bawa ia ke psikolog atau psikiater anak. Dengan begitu, ia akan mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat untuk mengatasi depresi yang dialaminya. (dgs)

Baca juga:

Dampak Mengerikan dari Depresi yang Jarang Diketahui

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Aturan Unik di Balapan Formula E
Hiburan & Gaya Hidup
Aturan Unik di Balapan Formula E

Cukup berbeda dengan peraturan pada Formula 1.

ITZY Jadi Cameo Iklan McDonald's untuk Piala Dunia FIFA 2022
ShowBiz
ITZY Jadi Cameo Iklan McDonald's untuk Piala Dunia FIFA 2022

Melalu iklan ini, McDonald's ingin memperkenalkan menu edisi khusus mereka, yaitu burger dengan roti atau Bun berbentuk bola sepak.

Lee Jung Jae Kembali Jadi Penjahat Brutal dalam ‘Deliver Us From Evil' versi Spin-Off
ShowBiz
Lee Jung Jae Kembali Jadi Penjahat Brutal dalam ‘Deliver Us From Evil' versi Spin-Off

Jika selama ini tokoh protagonis identik dengan perbuatan baiknya, maka Lee Jung Jae akan mendobrak anggapan itu.

SeteruSunyi Gaet Tuan Tigabelas pada 'Melihat Pelangi'
ShowBiz
SeteruSunyi Gaet Tuan Tigabelas pada 'Melihat Pelangi'

Perpaduan genre berhasil memberikan sensasi unik

Livery Spesial McLaren untuk Dua Seri Asia
Fun
Livery Spesial McLaren untuk Dua Seri Asia

Livery spesial McLaren hasil kerja sama dengan OKX.

Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat

Kenali sejumlah manfaat meditasi cokelat

Ahn Hyo Seop dan Lee Sung Kyung Kembali Bintangi 'Dr. Romantic 3'
ShowBiz
Ahn Hyo Seop dan Lee Sung Kyung Kembali Bintangi 'Dr. Romantic 3'

Sejumlah aktor dari musim kedua akan kembali untuk 'Dr. Romantic 3'

Piala Dunia Qatar 2022 Dikritik Masalah Jejak Karbon
Fun
Piala Dunia Qatar 2022 Dikritik Masalah Jejak Karbon

Piala Dunia Qatar 2022 dianggap gagal memenuhi janji mengurangi jejak karbon.

Disney Plus Sudah Mendukung Apple SharePlay
ShowBiz
Disney Plus Sudah Mendukung Apple SharePlay

Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk menonton acara TV dan film bersama sambil terhubung pada panggilan video chat FaceTime.

 Kolaborasi Zara Leola dan Enda Ungu Hadirkan Single Good Waste of Time
Hiburan & Gaya Hidup
Kolaborasi Zara Leola dan Enda Ungu Hadirkan Single Good Waste of Time

Zara Leola dan Enda Ungu rilis lagu 'Good Waste of Time'.