Tellie Gozelie: Generasi Muda Jangan Disebut Alami Degradasi Moral, Tetapi...

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 Februari 2018
Tellie Gozelie: Generasi Muda Jangan Disebut Alami Degradasi Moral, Tetapi...
Anggota MPR RI, Tellie Gozelie memberikan bingkisan kepada siswi SMA N1 Damar. Foto: Ist

MerahPutih.com - Anggota MPR RI, Tellie Gozelie menepis pandangan generasi muda zaman sekarang atau yang akrab disebut generasi millenial saat ini sedang mengalami degradasi moral. Mereka kini memang sedang menghadapi tantangan berat sesuai dengan kemajuan dan perubahan zaman yang terjadi.

"Generasi millenial sedang berada di tengah tantangan yang sangat berat sehingga mereka mudah mengalami BLAST atau Bored Lonely Angry/Affraid Stressed Tired," kata Tellie, menanggapi pertanyaan peserta pada sosialisasi empat pilar MPR RI di SMA N1 Damae, Kabupaten Belitung Timur, Jumat (10/2).

Menurut Tellie, kondisi ini memang yang sekilas memunculkan pandangan anak-anak millenial sebagai kelompok generasi yang cenderung kurang selaras dengan pikiran-pikiran dan keinginan-keinginan sebagian besar orang tua yang mengalami masa muda di era 80-an.

Tellie menambahkan tantangan berat itu adalah perubahan dunia yang semakin cepat yang didorong pesatnya perkembangan teknologi informasi dan kini selangkah menuju era kecerdasan artivisual (AI).

Sayangnya, lanjut dia, situasi ini direspons secara keliru oleh sebagian orang yang kurang memahami dengan menerapkan aturan-aturan yang serba ketat. Kesalahan ini justru menjadikan anak semakin tertekan dan semakin besar pula peluang anak-anak muda terjerat dalam cara hidup yang kurang baik.

"Generasi yang rentan terhadap tekanan tersebut di saat yang sama dituntut untuk memiliki tanggungjawab atas masa depan bangsa yang juga mengalami tantangan yang semakin kompleks," tutur anggota MPR itu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N1 Damar, Riskan menyampaikan sosialisasi disertai materi-materi yang memberikan pemahaman bukan saja seputar materi-materi dasar empat pilar MPR RI akan sangat baik dan memberi manfaat tambahan kepada para peserta

Menurut Riskan, cara untuk memberi ruang yang lebih luas bagi generasi muda adalah membuka ruang-ruang untuk menumbuhkan kreatifitas, atau ruang-ruang untuk meningkatkan prestasi diluar prestasi akademik. "Sehingga generasi millenial ini menemukan ruang-ruang aktualisasi yang lebih positif dan bermanfaat," tandas dia.

Peserta yang berjumlah lebih dari seratus lima puluh orang tersebut terdiri dari siswa dan guru yang terlibat secara aktif dalam pemaparan dan dialog dengan Tellie Gozelie yang juga merupakan perwakilan putra Belitung di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. (*)

#Generasi Millenials
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan