Tellie Gozelie: Generasi Muda Jangan Disebut Alami Degradasi Moral, Tetapi... Anggota MPR RI, Tellie Gozelie memberikan bingkisan kepada siswi SMA N1 Damar. Foto: Ist

MerahPutih.com - Anggota MPR RI, Tellie Gozelie, menyebut generasi muda zaman sekarang atau yang akrab disebut generasi millenial tidak trepat kita sebut mengalami degradasi moral, tetapi memang mereka menghadapi tantangan yang berat.

Disebutkannya, memang sekilas bagi generasi muda di tahun 80-an melihat anak-anak millenial sebagai kelompok generasi yang cenderung kurang selaras dengan pikiran-pikiran dan keinginan-keinginan sebagian besar orang tua.

Generasi millenial sedang berada ditengah tantangan yang sangat berat sehingga mereka mudah mengalami BLAST atau Bored Lonely Angry/Affraid Stressed Tired. Tantangan berat tersebut adalah perubahan dunia yang semakin cepat yang didoronbg oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan kini selangkan menuju AI.

Dan situasi ini direspon secara keliru oleh sebagian orang yang kurang memahami dengan menerapkan aturan-aturan yang serba ketat, yang justru menjadikan anak semakin tertekan dan semakin besar pula peluang anak-anak muda terjerat dalam cara hidup yang kurang baik.

Tellie menyebutkan bahwa dalam kaitannya dengan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, generasi yang rentan terhadap tekanan tersebut diaat yang sama dituntut untuk memiliki tanggungjawab atas masa depan bangsa yang juga mengalami tantangan yang semakin kompleks.

Kepala Sekolah SMA N1 Damar, Riskan menyampaikan bahwa sosialisasi disertai materi-materi yang memberikan pemahaman bukan saja seputar materi-materi dasar empat pilar MPR RI akan sangat baik dan memberi manfaat tambahan kepada para peserta

Salah satu cara untuk memberi ruang yang lebih luas bagi generasi muda adalah membuka ruang-ruang untuk menumbuhkan kreatifitas, atau ruang-ruang untuk meningkatkan prestasi diluar prestasi akademik. Sehingga generasi millenial ini menemukan ruang-ruang aktualisasi yang lebih positif dan bermanfaat.

Peserta yang berjumlah lebih dari seratus lima puluh orang tersebut terdiri dari siswa dan guru yang terlibat secara aktif dalam pemaparan dan dialog dengan Tellie Gozelie yang juga merupakan perwakilan putra Belitung di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH