Telisik Sejarah Angklung yang Jadi Tema Google Doodle Hari Ini Google Doodle mengangkat tema angklung hari ini. (Foto: Google)

GOOGLE Doodle mengangkat tema angklung hari ini (16/11). Google Doodle yang merupakan logo atau tampilan yang diberikan Google pada beranda halaman pencarian untuk mengenang tokoh, merayakan hari libur, atau hari besar seperti Hari Angklung Sedunia ini.

Hari Angklung Sedunia diperingati tiap 16 November. Hari angklung sedunia adalah hari penting untuk memperingati pengakuan UNESCO terhadap angklung sebagai warisan dunia asal Indonesia.

Melansir situs resmi UNESCO, komite UNESCO mengadakan pertemuan Fifth Session of the Intergovernmental Committee (5.COM) di Nairobi, Kenya, pada 15-19 November 2010. Dalam pertemuan itu, Indonesia telah mengusulkan angklung untuk masuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Pertemuan komite UNESCO tersebut telah menilai bahwa angklung Indonesia telah memenuhi kriteria dan diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia. UNESCO menetapkan angklung Indonesia sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia pada 16 November 2010.

Baca juga:

Bandung Kota Angklung: dari Udjo Ngalagena Hingga National Mall Washington

google doodle angklung

UNESCO menetapkan angklung Indonesia sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia pada tanggal 16 November 2010. (Foto: Pixabay/Yugowicaksono)

Angklung Indonesia dan musiknya menjadi salah satu pembentuk identitas budaya masyarakat di Jawa Barat dan Banten. Memainkan Angklung mampu menunjukkan nilai-nilai kerja tim, saling menghormati, dan harmoni dalam bersosial.

Angklung Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan dapat berkontribusi pada kesadaran yang lebih besar akan pentingnya warisan budaya takbenda dan mempromosikan nilai-nilai kerja sama, disiplin, dan saling menghormati yang menjadi intinya.

Langkah-langkah pengamanan diusulkan yang mencakup kerja sama antara pelaku dan pihak berwenang di berbagai tingkatan untuk memupuk transmisi dalam pengaturan formal dan non-formal, untuk mengatur pertunjukan, dan untuk mendorong keahlian membuat Angklung dan budidaya bambu berkelanjutan.

Angklung Indonesia termasuk dalam inventarisasi nasional yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dan dalam beberapa inventarisasi khusus yang dikelola oleh universitas dan asosiasi Angklung.

Menurut situs Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Indonesia, angklung adalah jenis kesenian yang terbuat dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Sejarah angklung Indonesia berjejak mula pada abad ke-11.

Angklung diambil dari kata 'angka' dan 'lung'. Angka adalah nada yang hilang. Terdapat empat nada dalam angklung atau yang disebut cumang kirang. Sementara lung artinya pecah.

Baca juga:

Peneliti Asing: Saung Angklung Udjo Harus Didukung

google doodle angklung
Angklung dibuat berlandaskan pada pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan kehidupan bersumber pada makanan pokok berupa padi. (Foto: Pixabay/Ribut)

Alat musik angklung terbuat dari bambu. Jenis bambu yang biasa digunakan sebagai alat musik tersebut adalah bambu hitam (awl wulung) dan bambu putih (awl temen).

Angklung dibuat berlandaskan pada pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan kehidupan bersumber pada makanan pokok berupa padi (pare). Pandangan ini dilahirkan dari mitos tentang Nyi Sri Pohaji sebagai Dewi Sri pemberi kehidupan (hurip).

Cara memainkan angklung adalah dengan cara digoyangkan. Tangan kiri bertugas menggantung angklung, sedangkan tangan kanan bertugas membunyikan angklung. Angklung dapat dimainkan oleh perorangan dan kelompok dari puluhan sampai ratusan orang.

Alat musik ini masih menjadi pokok budaya Indonesia dan seringkali pemerintah menyelenggarakan pertunjukan angklung untuk menyambut tamu kehormatan di Istana Kepresidenan. Kelompok seniman angklung tak jarang mewakili Indonesia dalam berbagai pertunjukkan seni budaya nasional dan internasional.

Google Doodle angklung sendiri hanya ditampilkan di wilayah Indonesia, Thailand, dan Inggris (UK). Doodle yang ditampilkan dalam halaman pencarian bisa diklik oleh pengguna untuk memberikan informasi terkait Doodle yang ditampilkan.

Ini upaya yang baik untuk tetap mengenal dan melestarikan angklung untuk tetap dikenal tiap generasi di Indonesia. (dgs)

Baca juga:

Selama Pandemi COVID-19, Suara Angklung Made In Negeri Aing Tak Lagi Berdengung

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rekreasi di Hutan Bikin Kamu Kenal dengan Habitat Asli
Travel
Rekreasi di Hutan Bikin Kamu Kenal dengan Habitat Asli

Mencoba bersahabat dengan alam dengan rekreasi di hutan.

Tempat Minum Miras Zaman Ali Sadikin
Tradisi
Tempat Minum Miras Zaman Ali Sadikin

Tempat hiburan malam untuk minum minuman keras kerap menuai pro-kontra sejak lama

Sensasi Menginap Serasa Baduy di Hotel Episode Gading Serpong
Travel
Sensasi Menginap Serasa Baduy di Hotel Episode Gading Serpong

Hotel yang kental dengan konsep Budaya Baduy namun berlokasi di tengah keramaian Gading Serpong.

Kekayaan Ragam Motif Kain Tenun Flores
Tradisi
Kekayaan Ragam Motif Kain Tenun Flores

Di Flores umumnya mewarisi motif tenun tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada kain tenun ikat dari daerah lainnya.

Makan Siang Berseni di Mangan All Day Dining JHL Solitaire
Kuliner
Makan Siang Berseni di Mangan All Day Dining JHL Solitaire

Kolaborasi seni dan kuliner di Mangan JHL Solitaire.

Lapangan Terbang Pondok Cabe Naik Kelas Jadi Bandara Betulan
Travel
Lapangan Terbang Pondok Cabe Naik Kelas Jadi Bandara Betulan

Tak lagi sekadar lapangan buat latihan terbang.

Bagaimana Lika-Liku Orang Indonesia Pergi Haji Sebelum Menggunakan Pesawat?
Indonesiaku
Bagaimana Lika-Liku Orang Indonesia Pergi Haji Sebelum Menggunakan Pesawat?

Perjalanan jemaah haji di masa kini jauh lebih cepat ketimbang sebelum menggunakan pesawat terbang.

3.668 Pesilat Catat Rekor Muri di Pusdiklatpassus Batujajar
Tradisi
3.668 Pesilat Catat Rekor Muri di Pusdiklatpassus Batujajar

Acara pasanggiri akbar ini diikuti 3.668 pesilat dari perguruan Pencak Silat seluruh Jawa Barat.

9 Stupa Candi Borobudur Dihempas oleh Bom
Travel
9 Stupa Candi Borobudur Dihempas oleh Bom

Dianggap memiliki keterkaitan dengan peristiwa Tanjung Priok.

Hidangan Indonesia Tak Lepas dari Sambal
Kuliner
Hidangan Indonesia Tak Lepas dari Sambal

Rasa pedas sambal bukan hanya menggugah selera tapi juga memiliki fungsi sebagai pengganti temperatur panas.