Teknologi

Telisik Keistimewaan NFT Gundala dan Sri Asih

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 23 Desember 2021
Telisik Keistimewaan NFT Gundala dan Sri Asih
Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

TOKOH superhero asli Indonesia, Gundala menghadirkan konsep baru nan canggih. Ia hadir dalam bentuk Non Fungible Token (NFT). NFT merupakan karya digital, bisa berbentuk lukisan, buku, atau karya lainnya.

Selain Gundala, Sri Asih adalah tokoh superhero lndonesia lainnya yang turut dihadirkan oleh perusahaan PT Bumilangit Digital Mediatama dalam bentuk NFT. NFT Gundala dan Sri Asih masing-masing dilepas dengan jumlah 356 dan 381 unit.

Baca Juga:

Cara Bumilangit Membumikan Kisah Si Buta Dari Gua Hantu

Ada alasan di balik dipilihnya dua tokoh tersebut dalam format NFT. Gundala karena sudah difilmkan yang tayang pada 2019. Peluncuran NFT tersebut menjadi perayaan dua tahun pemutaran film Gundala. Sementara Sriasih dipilih karena sosok pahlawan yang muncul tahun 1954 tersebut juga akan diangkat ke layar lebar.

Dilepas dengan jumlah ratusan unit. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

Lewat NFT, PT Bumilangit Digital Mediatama menghadirkan berbagai gamifikasi menarik menciptakan keseruan sendiri pada para penggemar. Komik legendaris asli Indonesia tersebut akan hadir dalam format video/gif/image. Semua image yang ada di NFT Bumilangit akan menjadi hak cipta pembelinya dengan autentifikasi menggunakan teknologi blockchain.

Bukan hanya memiliki koleksi yang ada di NFT Bumilangit, para penggemar juga berhak mendapatkan update tentang superhero Bumilangit bahkan berjumpa dengan para cast. "Kami juga akan rutin mengadakan bincang-bincang dengan para cast lewat zoom," tutur Direktur Utama PT Bumilangit Digital Mediatama, Budiasto Kusuma saat jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Rahasia Senjata Si Buta Dari Gua Hantu

Selain itu, lanjut Budiasto, dengan adaptasi aset intelektual Bumilangit ke NFT diharapkan akan memberikan pengalaman baru bagi fanbase Rakyat Bumilangit menuju beragam aktivitas dan utilisasi digital mendatang. "Seperti games, digital comic, aktivitas film dan konten bersama Bumilangit Universe untuk menunjang ekosistem digital Bumilangit," kata Budiasto.

Akan ada peluncuran NFT untuk superhero lainnya di masa mendatang. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

Sementara itu, Founder dan CEO Bumilangit, Bismarka Kurniawan menyebutkan bahwa peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih hanyalah permulaan. Bismarka mengatakan Bumilangit masih memiliki banyak superhero dengan kekuatan dan penampilan menarik.

"Tentunya akan ada peluncuran NFT Bumilangit lagi di masa mendatang mengingat perpustakaan karakter kami adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara," tukas Bismarka. (avia)

Baca Juga:

Proses Kreatif Dolanan Keren Membuat Collectible Action Figure Gundala

#Gundala #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan