Telinga Berdengung di Pesawat? Simak 4 Cara Mudah untuk Mengatasinya Atasi telinga berdengung di pesawat dengan cara mudah ini (foto: yourmileagemayvary)

PERNAHKAH kamu mengalami telinga berdengung saat berada di dalam pesawat? Hal itu tentunya akan membuatmu tak nyaman, bahkan sakit.

Kendati demikian, masalah tersebut sangat umum terjadi, lantaran adanya perbedaan tekanan udara. Itulah mengapa jika kamu bepergian dengan pesawat, sebaiknya memahami cara mengatasi telinga berdengung di pesawat.

Baca Juga:

Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Hal itu agar kamu bisa merasakan kenyamanan dan dapat menikmati perjalanan. Nah, seperti yang dilansir dari laman airpaz, berikut ini ialah beberapa cara mudah untuk mengatasi telinga berdengung saat penerbangan.

1. Minum Air yang Banyak

Perbanyak konsumsi air putih bisa menghilangkan tekanan serta membuka sumbatan pada saluran tuba (Foto: pixabay/congerdesign)

Ketika melakukan perjalanan dengan pesawat, disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini bukan hanya membuat tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik, tapi gerakan menelan air minum pun bisa membantu menghilangkan tekanan serta membuka sumbatan pada saluran tuba, yang membuat telinga kamu menjadi berdengung.

Biasanya, para penumpang pesawat tak diperbolehkan untuk membawa air minum saat melalui pemeriksaan badanra. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa membeli air kemasan yang tersedia di berbagai toko, atau area boarding room di bandara. Lalu kamu pun dapat membeli minuman ketika telah berada di kabin pesawat.

2. Mengunyah Makanan

Mengunyah makanan bisa membantu menghilangkan dengungan pada telinga kamu (Foto: valpak)

Saat kamu mengunyah, secara otomatis saluran eustachius membuka serta menutup. Air liur yang ditelan saat mengunyah, bisa membantu menghilangkan dengungan di telinga kamu. Dalam hal ini kamu bisa mengunyah apa saja. seperti permen karet atau permen lainnya.

Meski cara ini sangat efektif untuk mengatasi telinga berdengung, tapi akan menjadi kurang ampuh untuk orang-orang yang memiliki riwayat penyakit sinus maupun telinga sensitif.

3. Melakukan Gerakan Menguap

Gerakan menguap cukup efektif untuk megatasi telinga berdengung (Foto: greendentistry)

Menguap mungkin terlihat begitu sederhana untuk dilakukan. Tapi nyatanya meungap dapat dicoba untuk membantu mengatasi telinga berdengung saat di pesawat.

Karena, gerakan membuka mulut seperti mengunap bisa membantu membuka sumbatan serta menghilangkan tekanan yang menyebabkan telinga berdengung.

Karena itu, meski kamu tak mengantuk, kamu bisa sering-sering membuka mulut kamu apabila merasa telinga berdengung saat naik pesawat.


4. Tutup Hidung dan Mulut

Tutup Hidung dan mulut bisa mengatasi telinga berdengung saat di pesawat (Foto: thaiairways)

Jika beberapa cara di atas tak efektif untuk membantu mengatasi telinga berdengung di pesawat. Kamu dapat mencoba langkah yang satu ini, yakni menutup hidung dan mulut secara bersamaan, kemudian tahan beberapa saat dan hembuskan napas melalui hidung secara perlahan.

Cara ini dapat membantu mengeluarkan tekanan udara pada telinga, hingga dengungan pun bisa berkurang dan hilang. Meski demikian, kamu sebaiknya memperhatikan bahwa langkah ini tak direkomendasikan untuk para penderita penyakit jantung.

Melihat beberapa tips diatas, melakukan perjalanan dengan pesawat memang menjadi pilihan yang efektif, khususnya untuk destinasi jarak jauh dan membutuhkan waktu cepat.

Tetapi ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika naik pesawat, termasuk bagaimana mengatasi telinga yang berdengung saat di pesawat. Semoga beberapa tips di atas bisa mengatasi masalah dengungan di telinga. (Ryn)

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH