Teladan Sutopo di Mata Anak Sulung dan Bos BNPB Ribuan pelayat mengantarkan jenazah Sutopo dari rumah duka ke TPU Astana Sonolayu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Putra sulung Sutopo Purwo Nugroho, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, mengenang almarhum bapaknya sebagai sosok penyayang keluarga yang tak pernah mengeluh bekerja mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Saya tidak pernah melihat sosok ayah mengeluhkan sakit saat bekerja. Semasa hidupnya selalu mengabdi pada negara," kata Ivanka pada Merahputih.com, usai usai mengantarkan jenazah Sutopo ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Astana Sonolayu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Begitu Terkenang Ucapan Sutopo

Ivan menjelaskan selama hidupnya sang ayah selalu mencurahkan hidupnya untuk kepentingan yang lebih besar terutama saat menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

"Bapak luar biasa perjuagannya. Kami sangat kehilangan, tetapi harus tetap tegar dan mendoakan semoga husnul khotimah," tutur dia. "Kami ucapkan terima kasih pada pemerintah dan BNPB yang selama ini membantu pengobatan bapak sampai mengurus pemakaman."

keluarga sutopo
Istri Sutopo Retno Utami Yulianingsih bersama kedua anaknya Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho menabur bunga di makam Sutopo, Senin (8/7). (MP/Ismail)

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo memimpin upacara pelepasan jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB Sutopo Purwo Nugroho di rumah duka di Kapung Surodadi RT 07 /RW 09, Siswodipuran, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7).

BACA JUGA: Selama Hidup Sutopo Tak Pernah Merokok, Adik Ipar: Kok Bisa Kena Kanker Paru

Pantauan Merahputih.com, jenazah Sutopo tiba di rumah duka pukul 07.15 WIB. Kedatangan jenazah Sutopo disambut keluarga, pelayat, petugas BPDB dari berbagai daerah di Jateng dan TNI/Polri. Hadir dalam acara pemakam Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Sutopo adalah sosok apartur sipil negara yang tangguh. Bekerja tanpa pamrih, bekerja dengan ikhlas, berdedikasi tinggi untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara," kata Doni.

BACA JUGA: Cerita Parno, Penggali Tempat Peristirahatan Terakhir Sutopo Purwo Nugroho

Doni menjeskan Sutopo divonis kanker paru-paru stadium 4B. BNPB memberikan pengobatan yang terbaik kepada Sutopo. Bahkan, semua dokter yang terbaik di Indonesia telah berupaya untuk memberikan penyembuhan kepada Sutopo.

"Kami sampai membawa Sutopo Guangzhou, China untuk menyembuhkan sakitnya itu. Namun. Takdir berkata lain Sutopo meninggalkan kita semua dengan amal bailnya," kata dia.

Sutopo
Ribuan pelayat mengantarkan jenazah Sutopo dari rumah duka ke TPU Astana Sonolayu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7). (MP/Ismail)

Meninggalnya Sutopo, kata dia, telah mendapatkan perhatian dari semua kalangan di dalam maupun di luar negeri. Di dunia maya maupun di dunia nyata. Ini bukti nyata kalau warga merasa kehilangan sosok Sutopo. "Sosok Sutopo bisa mencontoh, mengikuti seseorang yang punya kemauan yang sangat keras mengabdi kepada negara," kata dia.

Janazah Sutopo tiba di TPU Sonolayu pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan upacara pemakaman selesai pukul 09.30 WIB. (Ism)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH