Teknologi NASA Ini Mengubah Papan Iklan Menjadi Pembersih Udara, Kok Bisa? Perawatan diterapkan untuk kampanye Guggenheim Bilabo. (Foto: guggenheim-bilbao)

SPANDUK baru telah terpasang di Museum Guggenheim Bilbao dan di sekitar kota Bilbao, Spanyol. Bukan sembarangan spanduk. Terdapat lapisan khusus disebut Pureti Print. Apa itu?

Pureti Print merupakan teknologi dikembangkan NASA (National Aeronautics and Space Administration) untuk pemurnian udara. Perawatan terhadap spanduk itu dilakukan dengan efek pemurnian udara seperti sistem kerja pohon, mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Baca juga:

Rotterdam Akan Memiliki Peternakan Ayam Terapung Modern

Estudios Durero menerapkan perawatan bagi kampanye Guggenheim Bilbao, pengiklan pameran Olafur Eliasson di museum tersebut. Pameran Olafur Eliasson Bertujuan membawa beberapa masalah paling mendesak saat ini terutama perubahan iklim agar menjadi perhatian pengunjung.

Setiap pengunjung diharapkan merefleksikan pemahaman mereka tentang lingkungan melalui penggunaan bahan-bahan alami, seperti lumut, kabut, dan gletser es.

1
Spanduk berguna untuk membersihkan udara. (Foto: signsdirectiononline)

Penggunaan teknologi Pureti Print buka kali pertama dilakukan. Pada 2015, Spanyol berkolebaorasi dengan NASA menggunakan tekbologi tersebut pada kampanya iklan Shiseido di kota Madrid.

Teknologi NASA tersebut menggunakan proses foto katalisis dengan menghilangkan polutan, bakteri, jamur, dan bau tidak sedap dari udara melalui proses reaksi kimia yang digerakkan cahaya, atau photooxidation. Mengubah uap air dan oksigen di udara menjadi zat pembersih.

Estudios Durero mengklaim sekitar 1 meter persegi Pureti Print memiliki efek pemurnian setara dengan satu pohon dewasa. Menurut pihak museum, kampanye iklan ini memiliki efek pemurnian udar setara dengan lebih dari 700 pohon. Memberikan efek meningkatkan kualitas udara di sekitar museum.

Baca juga:

Ide Pertanian Vertikal ini Cocok untuk Area Perkotaan

2

Mengubah uap air dan oksigen di udara menjadi zat pembersih. (Foto: technikneuheiten)

Melansir laman Fast Company, Direktur Jenderal Museum, Juan Ignacio Vidarte, melihat kampanye sebagai bagian dari komitmen lebih besar untuk memerangi perubahan iklim. "Sama seperti kita mengurangi konsumsi daya berkat perubahan sistem pencahayaan di galeri museum. Kemungkinan memurnikan udara sambil memperkenalkan audiens dengan program seni kita adalah peluang besar," katanya.

Hal tersebut juga merupakan peluang besar untuk menunjukkan efek positif dari desain lintas disiplin. Hanya karena desain grafis sering memiliki aplikasi 2D, bukan berarti desainer harus berpikir hanya dalam dua dimensi.

Dalam arti lebih luas, kampanye ini menunjukkan bahkan iklan yang dibuat untuk menjajakan produk atau layanan dapat menjadi agen untuk perubahan lingkungan positif. (lgi)

Baca juga:

Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH