Teknologi Laser Bisa Pastikan Keaslian Wiski Tanpa Membuka Botol Menggunakan teknik spektroskopi laser. (Foto: Unsplash/Raul Popadineti)

TIM ilmuwan di Universitas St Andrews mengembangkan teknik spektroskopi laser. Teknologi terbaru berbasis laser itu bisa menentukan keaslian wiski lawas dengan harga selangit tanpa harus membuka botol untuk memeriksa sampel.

Pertanyaan tentang keaslian bisa datang dengan beberapa jawaban sangat mahal. Wiski lawas selalu berharga miliaran rupiah di pelelangan. Namun, bagaimana menentukan keasliannya? Membuka tutup botol tentu akan mengurangi nilainya.

Baca juga:

Wow! Sebotol Cognac Terjual Rp2,1 Miliar

1
Banyak minuman premium dipalsukan. (Foto: Unsplash/Keenan Barber)

Pemalsu telah menjadi sangat mahir dalam menemukan dan menggunakan kembali botol, label, lubang penyumbat asli untuk mengelabui orang. Jadi satu-satunya cara untuk memastikan apakah minuman itu asli dengan menganalisis minuman keras itu sendiri. Dicicipi. Banyak teknologi dikembangkan untuk melakukan hal itu. Namun, belum ada satu pun tanpa harus membuka botol untuk mengambil sampel.

Tim St Andrews dari Sekolah Fisika dan Astronomi dan dipimpin oleh Profesor Kishan Dholakia telah mengembangkan teknik spektroskopi laser Raman baru. Kekuatan itu mampu menentukan keaslian wiski tanpa harus membuka botol.

Menurut St Andrews, dilansir laman New Atlas, gagasan spektroskopi laser untuk mengotentikasi anggur dan zat lain bukanlah hal baru. Namun, hingga saat ini cara itu terhambat kebutuhan untuk menganalisis minuman secara langsung.

Alasannya, spektroskopi Raman bekerja dengan mengukur bagaimana hamburan cahaya saat melewati dan berinteraksi dengan molekul sampel untuk menghasilkan tanda tangan unik. Sayangnya, gelas yang membentuk botol tempat wiski juga menyebarkan cahaya, menghasilkan sinyal kuat yang dapat membanjiri isinya.

Baca juga:

Amazake, Sake Super untuk Kesehatan

2
Menembakan dua sinar laser. (Foto: Unsplash/Dylan de Jonge)

Teknik terbaru menghindari hal tersebut, dengan menembakkan dua sinar laser, salah satunya membentuk cincin sinar laser pada botol. Di dalam cincin ini, sorotan kedua berfokus pada titik tertentu di dalam isi botol. Hal ini menghasilkan dua sinyal dari dua posisi berbeda, sehingga detektor dapat memisahkan sinyal kaca dari sinyal wiski.

"Saya lebih suka meminum seluruh botol. Spektroskopi laser adalah alat yang ampuh untuk mengkarakterisasi susunan kimiawi banyak bahan. Namun menggunakannya untuk mengkarakterisasi alkohol dalam wadah aslinya dengan cara yang sederhana ini benar-benar menarik," kata Dholakia. (lgi)

Baca juga:

Ponsel Pintar Bisa Pantau Kadar Alkohol yang Dikonsumsi Orang

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH