Teknologi dari Square Enix Bawa Grafis Video Game Jadi Lebih Realistis Kualitas grafis terbaik dipamerkan lewat video 'Back Stage' yang diunggah NVIDIA (Foto: YouTube/NVIDIA)

KEMAJUAN teknologi mendorong banyak kemungkinan baru di berbagai industri, termasuk video game. Square Enix, salah satu perusahaan pengembang game terbesar di Jepang telah membuka kemungkinan baru itu.

Pada 4 September 2019, sebuah video pendek berjudul 'Back Stage' diunggah ke akun YouTube NVIDIA. Adalah video demonstrasi teknis, menunjukkan apa yang dapat dilakukan oleh Luminous Engine saat ini. Demonstrasi tersebut dibuat oleh Luminous Production, anak perusahaan Square Enix yang bekerjasama dengan NVIDIA.

Baca juga:

Desktop Gaming Ini Hadir untuk Pengalaman Bermain Game Kelas Premium

Luminous Engine sebelumnya sudah pernah digunakan dalam produksi game Final Fantasy XV. Bisa dikatakan grafik dari game tersebut sangat luar biasa. Seakan tidak pernah puas, video di bawah ini menunjukkan bahwa Luminous Production telah memperbarui game engine mereka.

Dalam video diperlihatkan bagaimana Luminous Engine mampu menangani pencahayaan (Ray-tracing) secara real-time atau lagi tidak melalui proses render terlebih dahulu. Ray-tracing memang bukan hal yang baru dan telah dicoba oleh banyak pengembang game saat ini. Namun sejauh ini belum banyak yang berhasil menerapkannya secara real-time.

Tak hanya itu, pencahayaan yang ditampilkan dalam video Back Stage terlihat sangat detail. Belum ada pengembang game yang mampu melakukan hal yang dicapai oleh Luminous Production ini.

Baca juga:

Corsair One i160, PC Gaming dengan Spesifikasi Terbaik dan Harga Fantastis

Selain itu, pencapaian ini terasa luar biasa karena hanya menggunakan satu kartu grafik saja. Meskipun kartu grafik yang digunakan sangat kuat, GeForce RTX 2080 Ti. Akan tetapi hal ini menunjukkan bahwa apa yang mereka kerjakan saat ini mungkin dapat dinikmati oleh para gamer tidak lama lagi.

Square Enix Bawa Teknologi Grafis Video Game Selangkah Lebih Maju
Luminous Engine sebelumnya telah digunakan dalam produksi game Final Fantasy XV (Foto: WallpaperCave)

Mengingat Luminous Engine digunakan dalam produksi Final Fantasy XV, tak kaget jika grafik yang serupa dengan Back Stage muncul dalam game Final Fantasy selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan Luminous Engine juga digunakan di video game selain seri Final Fantasy.

Luminous Production sendiri diciptakan Square Enix dengan tujuan mengembangkan game-game AAA, game inovatif, dan konten hiburan lainnya ke khalayak dunia. (Sep)

Baca juga:

Rockstar Games Konfimasi dan Umumkan Tanggal Perilisan GTA 6



Ananda Dimas Prasetya