Teknologi dari Film Lawas yang Telah Diwujudkan Jadi Kenyataan Berbagai Tekologi yang Terinspirasi dari Sebuah Film (foto: Mashable)

FILM fiksi ilmiah biasnya mengandung beragam unsur dari masa depan. Hal itu mungkin terjadi karena penulis film biasanya berbekal pengetahuan dan minat terhadap pengetahuan ilmiah. Mereka cenderung untuk memperkirakan teknologi canggih yang mungkin bisa di realisasikan pada masa mendatang.

Karena fantasi adalah hasil imajinasi 'liar' seseorang. Penulis film memikirkan berbagai macam hal tanpa memiliki dasar ilmiah yang kuat. Sebut saja mobil terbang, berbicara dengan hologram, pesawat luar angkasa, dan sebagainya. Meski begitu, mereka berani untuk memasukkan ide 'gila' pada naskah untuk film.

Baca juga:

Teknologi Fiksi di Dunia Nyata, Forced Fields Salah Satunya

Dari situ, orang-orang yang mampu merealisasikannya (ilmuwan) melihat hal itu sebagai sesuatu yang hebat. Mereka menggunakan kemampuan untuk mewujudkannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa teknologi mutakhir yang awalnya terlihat dalam sebuah film.

1. Hologram

Film Star Wars tahun 1977 menampilkan teknologi hologram. Dalam scene menunjukkan Princess Leia melakukan komunikasi dalam bentuk hologram. Bedanya hologram dalam film muncul dari mata robot R2-D2.

Teknologi dari Film Lawas yang Telah Diwujudkan Jadi Kenyataan
Saat Ini Hologram Di Realisasikan Menggunakan Sinar Laser (foto: Mashable)

Teknologi ini seperti khayalan semata pada era itu. Namun, saat ini hologram sudah benar-benar ada. Meskipun belum sepenuhnya sempurna. Hologram yang ada saat ini menggunakan sinar laser atau menggunakan sebuah proyektor tiga dimensi.

2. Panggilan Video

Muncul pada tahun 2001 pada film A Space Odyssey. Dalam filmnya mereka menampilkan percakapan melalui video, kini lebih sering disebut dengan Video Call (VC). Namun yang menjadi pembeda adalah alat yang digunakan untuk melakukannya.

Dalam film terlihat alat yang digunakan sangat besar. Sebelum melakukan panggilan video, harus memasukkan sebuah kartu kemudian menekan nomor tujuan.

Teknologi dari Film Lawas yang Telah Diwujudkan Jadi Kenyataan
Saat Ini Video Call Bisa Dilakukan Lebih Dari Dua Orang Secara Bersamaan (foto: Engadget)

Pesatnya teknologi yang berkembang saat ini, VC menjadi sangat mudah. Kamu bisa melakukannya di mana pun kamu ingin. Bahkan kamu bisa melakukan VC lebih dari satu orang.

3. Gesture-Based Interface

Teknologi ini diperkenalkan pada film berjudul Minority Report tahun 2002 lalu. Salah satu adegannya memperlihatkan Tom Cruise mengoperasikan sebuah layar hanya menggunakan gerak tangan. Rumornya, sutradara Steven Spielberg telah melakukan riset mengenai hal ini.

Teknologi dari Film Lawas yang Telah Diwujudkan Jadi Kenyataan
Teknologi Sensor Gerak Yang Disematkan Pada Televisi (foto: YouTube Zennie62)

Teknologi canggih dalam film tersebut juga sudah terwujud saat ini. Salah satu contohnya yaitu televisi pintar dari Samsung. Di atas televisinya terdapat sebuah kamera untuk menangkap gerakan pengguna. Penggunanya bisa mengganti channel atau membesarkan dan mengecilkan volume hanya dengan gerak tangan.

Baca juga:

Pertama di Dunia, Pemutar Kaset dengan Teknologi Bluetooth

4. Virtual Reality

Teknologi virtual reality (VR) pertama diperkenalkan pada 1995. Ditampilkan pada film berjudul Johnny Mnemonic. Dalam filmnya terlihat Keanu Reeves menggunakan kacamata seperti VR saat ini.

Selain itu Reeves menggerakkan tangan seperti menekan sesuatu. Semua itu sama persis dengan VR yang ada saat ini. VR kini sangat diminati, bahkan untuk digunakan dalam industri.

Teknologi mutakhir dari film lawas
VR Saat Ini Sering Digunakan Untuk Sebuah Permainan (Foto: MP/Andrew Septian)

Berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi VR. Teknologi ini bisa digunakan untuk bermain game, menonton video interaktif, dan lain-lain.

5. Self-Driving Cars

Teknologi ini pernah diperkenalkan dalam film berjudul Total Recall pada 1990. Teknologi ini disematkan pada sebuah taksi bernama Johnny Cab. Saat Arnold Schwarzenegger menaikinya, dirinya disapa oleh sebuah robot menanyakan tujuan perginya. Teknologi ini sudah di realisasikan, bahkan tanpa sebuah robot di bagian kemudi.

Teknologi dari Film Lawas yang Telah Diwujudkan Jadi Kenyataan
GM Cruise Salah Satu Self Driving Car Yang Cukup Paten (foto: TheVerge)

Salah satu perusahaan ternama membuat teknologi ini, GM Cruise. Namun teknologi ini hanya bisa digunakan di jalan bebas hambatan. Namun harus tetap diawasi oleh manusia. Karena jika terdapat jalan yang belum dipetakan teknologi GM ini harus dikendalikan secara manual. Teknologi ini masih terus disempurnakan oleh Tesla dan beberapa perusahaan dari Jepang.(ape)

Baca juga:

Gara-Gara Teknologi, 4 Pekerjaan Ini Kemungkinan Bisa Punah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH