Teknologi
Teknologi Cermin Ajaib Hadirkan Pelatih Nge-gym Bareng Cermin pintar ini dapat membuat kamu terhubung dengan pelatih kebugaran secara daring. (Foto: [email protected])

PENAMPILAN saat berkeringat di treadmill atau meringis di mesin angkat beban bukanlah yang terbaik dan ingin kamu lihat di cermin. Namun seperti yang diketahui oleh setiap pengunjung gym, selalu ada beberapa orang yang suka mengagumi bayangan mereka di cermin yang terpasang memenuhi dinding.

Mungkin penggemar gym khusus inilah yang paling senang dengan tren terbaru dalam olahraga di rumah: cermin pintar kebugaran. Produk ini merupakan cermin setinggi 180 sentimeter atau lebih, vertikal, berteknologi tinggi yang berisi komputer, terhubung ke internet, dan juga berfungsi sebagai layar video.

Baca Juga:

Kok Bisa Berat Badan Naik Saat Puasa? Ini Jawabannya

kesehatan
Pengguna memiliki pilihan untuk sesi one-on-one atau berkelompok untuk latihan beban, pilates, cardio, atau yoga. (Foto: [email protected])

Fungsinya adalah membuat kamu terhubung dengan pelatih kebugaran secara daring, yang kemudian muncul di cermin/layar bersama dengan bayanganmu. Pada perangkat yang lebih canggih, cermin dilengkapi dengan kamera dan speaker, sehingga pelatih dapat mengamati gerakan dan menyarankan penyesuaian serta perubahan.

Pengguna memiliki pilihan untuk sesi one-on-one atau kelas berkelompok dengan sejumlah latihan, termasuk latihan beban, pilates, cardio, dan yoga.

Pada cermin yang lebih sederhana, video dan suara hanya satu arah, kamu dapat melihat dan mendengar pelatih, tetapi tidak sebaliknya. Latihan biasanya tidak langsung, sebagai gantinya kamu dapat mengakses koleksi video latihan secara streaming.

Bila kamu memilih model dengan spesifikasi lebih tinggi, atau penawaran yang lebih mendasar, kamu akan membayar setidaknya 1.000 pound atau sekitar Rp18.210.200 untuk cermin pintar, dan kemudian berlangganan bulanan untuk fasilitas yang disebutkan di atas.

Cermin layar sentuh juga biasanya dilengkapi dengan banyak sensor, terhubung ke kecerdasan buatan (AI), yang dapat memberikan umpan balik tentang gerakanmu, dan menyarankan peningkatan.

Cermin pertama yang dijual di Inggris adalah Vaha. Dibuat oleh perusahaan Jerman dengan nama yang sama. Produk itu memasuki pasar tahun lalu. Merek pesaing termasuk Tonal, Mirror, NordicTrack, Portl, dan ProForm.

Vaha menggambarkan cerminnya sebagai perangkat untuk menghadirkan sesi yang sepenuhnya dipersonalisasi dan imersif untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan nutrisi.

Baca Juga:

Marcell Siahaan dan Rima Melati Ajak Masyarakat Ikut Olahraga Strong Nation

Manfaat dan efek samping cermin pintar kebugaran

kesehatan
Cermin pintar ini memiliki kemampuan untuk memberdayakan pilihan kesehatan dan mendorong perilaku sehat. (Foto: Digital Trends)

Namun, apakah ada keuntungan sebenarnya untuk bisa menonton diri sendiri berolahraga? Colleen Logan, wakil presiden hubungan masyarakat di iFit, pemilik AS dari Nordic Track dan ProForm, mengatakan bahwa melihat diri kamu di cermin memungkinkan pengguna menyesuaikan bentuk [atau posisi] mereka, sehingga mendapatkan manfaat optimal dari latihan kekuatan dan meminimalkan kesalahan dalam bentuk yang dapat menyebabkan cedera.

Dr Anthony Papathomas, psikolog olahraga dan kebugaran di Universitas Loughborough mengatakan bahwa argumen ini ada gunanya, tetapi dia juga memiliki beberapa kekhawatiran. "Dari sudut pandang psikologis, berolahraga di depan refleksi diri mungkin memberikan umpan balik yang penting, misalnya tentang teknik lari atau bentuk angkat berat," katanya.

"Ini mungkin juga menarik motivasi estetika orang untuk berolahraga, kamu dapat melihat otot-otot beraksi dan itu bisa terasa bermanfaat," ujarnya seperti diberitakan BBC (25/4).

Namun, Papathomas menambahkan, "Kekhawatiran saya adalah bagaimana perasaan orang-orang dengan citra tubuh yang tidak aman tentang hal ini? Ini mungkin menjadi masalah bagi mereka yang baru berolahraga dan ingin mengubah gaya hidup."

"Bahkan untuk olahragawan biasa, kita tahu ada banyak yang mengalami dismorfia tubuh atau gangguan makan, dan bagi mereka, melihat refleksi selama berolahraga mungkin mengganggu," ujarnya

Konsultan psikolog Dr Elena Touroni juga memiliki kekhawatiran tentang cermin pintar kebugaran dan kesehatan. "Untuk seseorang yang sudah fokus pada kesempurnaan, dan mungkin sudah menyadari setiap 'cacat' yang dirasakan dalam tubuh mereka, cermin-cermin ini pada akhirnya bisa memperkuat kesulitan psikologis semacam ini," katanya.

Rekan psikolog Lee Chambers setuju bahwa ada risiko orang terobsesi akan "tampilan sempurna". Namun dia menambahkan bahwa cermin pintar memang memiliki kemampuan untuk memberdayakan pilihan kesehatan dan mendorong perilaku sehat.

Menurutnya, cermin kebugaran juga akan sangat berguna bagi orang-orang yang tidak punya waktu untuk pergi ke gym, tetapi masih menginginkan umpan balik tentang bagaimana mereka berolahraga. (aru)

Baca Juga:

Hubungan Tidur Cukup dengan Kesehatan Tubuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
The Rain Rilis Album Ke-7: Mereka Bilang Kita Terjebak Bersama
ShowBiz
The Rain Rilis Album Ke-7: Mereka Bilang Kita Terjebak Bersama

Penanda manis 20 tahun The Rain berkarya.

SteelSeries Meluncurkan Gaming Mouse Ringan 'Multi-Genre'
Fun
SteelSeries Meluncurkan Gaming Mouse Ringan 'Multi-Genre'

SteelSeries dengan mouse Aerox 5 dan Aerox 9 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mengenal Software Manajemen Berbasis AI
Hiburan & Gaya Hidup
Mengenal Software Manajemen Berbasis AI

Software manajemen berbasis artificial intelligence (AI), diprediksi akan menjadi tren bisnis di 2022.

Mengidap Darah Tinggi Hindari 4 Makanan Ini ya
Fun
Mengidap Darah Tinggi Hindari 4 Makanan Ini ya

Perbaiki asupan makanan agar mencegah darah tinggi.

Ashiapp, Atta Halilintar Bagikan Kisah Menarik di Vespa World Days 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Ashiapp, Atta Halilintar Bagikan Kisah Menarik di Vespa World Days 2022

Atta Halilintar membagikan pengalaman menariknya ketika riding dengan Vespa klasik bersama komunitas Vespa

Epic Rilis Unreal Engine 5 Editor untuk Pemain Fortnite
Fun
Epic Rilis Unreal Engine 5 Editor untuk Pemain Fortnite

Para kreator dapat memonetisasi keseluruhan konten yang mereka garap di Unreal Engine 5 Editor ini.

Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik dengan Menghindari Kegiatan Berikut
Fun
Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik dengan Menghindari Kegiatan Berikut

Beberapa kebiasaan sehari-harimu ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidurmu.

Cara Mudah Enyahkan Overthinking
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Mudah Enyahkan Overthinking

Overthinking merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik.

Clubhouse Hadirkan Pengaturan Bahasa Indonesia
Fun
Clubhouse Hadirkan Pengaturan Bahasa Indonesia

Semakin mudah menggunakan Clubhouse dengan pengaturan bahasa Indonesia.

Selamat Tinggal Rokok
Fun
Selamat Tinggal Rokok

Cara jitu berhenti merokok.