Hobi
Teknik Tepat Merawat 'si Putri Pink' Philodendron Pink Princess yang makin diminati. (whyfarmit.com)

PHILODENDRON pink princess muda ada dalam daftar tanaman dalam ruang yang paling dicari untuk kolektor tanaman hias. Tanaman ini memang sangat cantik dengan kemunculan semburat merah muda cerah pada daun hijau gelapnya. Saking dicari, bonggol dan tunas tanaman yang disebut PPP ini dijual hingga harga ratusan ribu rupiah. Harga tanamannya tentu saja mencapai jutaan rupiah.

Lalu, apakah philodendron pink princess ini sepadan dengan biayanya? Dengan mengetahui cara merawatnya, kamu bisa mengerti mengapa jenis philodendron ini sangat mahal.

Tanaman hias philodendron pink princess bisa begitu mahal karena langka. Meskipun ini merupakan kultivar Philodendron erubescens, yang relatif umum, variegasi merah muda pada philodendron tidak sering terjadi dengan sendirinya.

BACA JUGA:

Langkah-langkah Menyiram Tanaman Hias yang Benar

Untuk menghasilkan pigmen belang-belang yang didambakan, tanaman hias ini harus ditumbuhkan dari kultur jaringan. Meski begitu, tidak setiap tunas akan menghasilkan percikan merah muda cerah.

Mengapa Langka?

philodendron pink princess
Tidak semua tunas menghasilkan daun dengan semburat pink. (123RF/khairil77)

Mengingat budi daya tanaman hias ini tidak selalu menjamin variegasi merah muda, bahkan jika tanaman induk sudah sangat dominan dengan warna merah muda, sebagian besar pebisnis tanaman hias tidak akan mengambil risiko menghabiskan waktu dan uang untuk mencoba memproduksinya secara massal.

Belum lagi ketenaran media sosial telah meningkatkan permintaan dan harga. Pencarian cepat di Instagram dengan tagar #pinkprincessphilodendron akan menghasilkan puluhan ribu unggahan terkait dengan si cantik merah muda ini. Dengan penggemar yang begitu banyak, harga untuk philodendron pink princess muda terus meningkat.

Kalaupun memiliki dana untuk membelinya, kamu tidak akan menemukan tanaman philodendron pink princess yang sudah tumbuh sempurna dijual di toko taman terdekat. Tanaman ini biasanya dijual melalui stek di pembibitan khusus atau dari pengecer di e-commerce atau pengguna Instagram yang menjual sebagian dari koleksi mereka.

BACA JUGA:

Tanaman Hias Berbunga Putih Percantik Rumah saat Lebaran

Meskipun mungkin tergoda untuk memesan bonggol atau steak philodendron pink princess dari reseller, ingat, sebagian besar penjual ialah penghobi dan belum tentu terlatih dalam hortikultura. Mereka tidak akan menjamin produk atau mengganti uangmu jika tanaman rusak selama pengiriman. Jika kamu akan memesan secara daring dan menghabiskan banyak uang untuk pengiriman, belilah dari penanam berpengalaman.

Selain itu, waspadalah terhadap tanaman imitasi. Philodendron pink congo sering dipasarkan sebagai PPP. Tanaman hias itu memiliki daun merah muda solid yang pada akhirnya akan kembali ke hijau semua, tidak seperti philodendron putri merah muda, yang biasanya menjaga keseimbangan warna merah muda dan hijau.

Perawatan 'si Putri Pink'

philodendron pink princess
Jangan kena sinar matahari langsung karena akan menyebabkan daun menguning. (123RF/khairil77)

Untungnya, philodendron pink princess ialah Philodendron erubescens, yang berarti kamu dapat mengikuti petunjuk perawatan umum untuk tanaman tersebut. Philodendron pada umumnya mudah dirawat. Pink princess dapat tumbuh setinggi 50 cm hingga 1 meter sebagai tanaman hias. Untuk perawatan tepat bagi tanaman cantik ini, kamu bisa mengikuti tips perawatan yang dirangkum dari Real Simple (15/9) berikut.

1. Tanah: Mereka menyukai tanah yang gembur, kaya nutrisi, dan berdrainase baik.

2. Suhu: Seperti semua tanaman tropis, pink princess muda tumbuh subur pada kelembaban dan suhu ringan, antara 12 dan 26 derajat Celsius.

3. Sinar matahari: Satu-satunya hal yang perlu kamu fokuskan dengan PPP adalah memberikan sinar matahari yang terang tapi hindari dari sinar matahari langsung untuk membantu menjaga variegasinya. Paduan warna pada tanaman disebabkan oleh kurangnya klorofil. Ini berarti tanaman membutuhkan lebih banyak sinar untuk menjaga variegasi. Namun, jangan kena sinar matahari langsung yang akan menyebabkan daun dengan motif pink indah itu akan menguning. Ruangan yang menghadap ke timur atau barat yang mendapat sinar matahari untuk sebagian hari sangat ideal untuk menampatkan tanaman hias ini.

4. Air: Philodendron erubescens tahan kekeringan, tetapi sebaiknya jangan biarkan sampai ke titik itu. Biarkan tanah mengering di antara penyiraman untuk mencegah pembusukan akar.(Aru)

BACA JUGA:

Begonia Polkadot, Tanaman Hias Unik dengan Perawatan yang Mudah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rekomendasi Mobil SUV Second Harga Rp 200 Jutaan
Fun
Rekomendasi Mobil SUV Second Harga Rp 200 Jutaan

penjualan mobil bekas pada segemen SUV pun kian bergairah. Karena, pilihan mobilnya cukup banyak, dan diklaim dapat memenuhi kebutuhan konsumen masa kini.

Android 10 Hadir di Nintendo Switch
Fun
Android 10 Hadir di Nintendo Switch

Nintendo Switch kini dilengkapi sistem Android 10.

Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia
Fashion
Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia

Memamerkan koleksi yang tidak kalah saing dengan luar negeri.

Cisco dan Aliansi Sakti Permudah Komunikasi Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet
Fun
Cisco dan Aliansi Sakti Permudah Komunikasi Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet

Cisco dan Aliansi Sakti Permudah Komunikasi Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet

Gala Spesial FOC Virtual Gathering 2021 Sukses Digelar
Fun
Gala Spesial FOC Virtual Gathering 2021 Sukses Digelar

Acara ini merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2017.

Teknologi CHCNAV APACHE 3 Bisa Bantu Cegah Bencana Banjir
Fun
Teknologi CHCNAV APACHE 3 Bisa Bantu Cegah Bencana Banjir

APACHE 3 dapat memetakan kondisi kedalaman bawah air.

4 Musisi Menjadi Kameo Film Indonesia, Siapa Saja?
Hiburan & Gaya Hidup
Ford tarik Mustang Mach-E
Fun
Ford tarik Mustang Mach-E

Ini menyebabkan proses pengiriman kloter pertama itu harus tertunda.

Ed Asner 'Up' Meninggal Dunia
Fun
Ed Asner 'Up' Meninggal Dunia

Ia juga merupakan legenda serial TV pada era 70-an

Pentingnya Siaga Pertolongan Pertama di Rumah
Fun
Pentingnya Siaga Pertolongan Pertama di Rumah

Siapkan selalu kotak pertolongan pertama di rumah.