Teknologi
Teknik Fisika ITB Bikin Alat Pencitraan Deteksi Penyakit Kuning pada Bayi ITB kembangkan alat yang mampu mentedeteksi sakit kuning, terutama pada bayi. (Foto: Pexels/Kindel Media)

PARA dosen di Teknik Fisika ITB membuat perangkat perangkat pencitraan pada dunia kesehatan. Salah satunya, alat deteksi awal penyakit kuning pada bayi.

Penelitian ini dilaksanakan oleh beberapa mahasiswa dan beberapa dosen Teknik Fisika, di antaranya adalah Dr. Ir. Eko Mursito Budi, M.T., Dr. Ir. Endang Juliastuti, M.S., dan Naila Zahra, S.T., M.T. Metode yang dipakai pada penelitian ini bernama Metode Kramer.

Baca Juga:

Pandemi Bikin Ubanan?

itb
Teknologi “Thermal Imaging”, alat deteksi pencitraan pada dunia kesehatan yang dikembangkan ITB. (Foto: dok. ITB)

“Sebelum ke dokter, dengan metode kramer kita bisa melakukan pencitraan untuk mendeteksi penyakit kuning pada bayi,” ujar Dosen KK Instrumentasi dan Kontrol Teknik Fisika ITB, Dr. Vebi Nadhira, S.T, M.T., dalam webinar Manfaat Perangkat Pencitraan Pada Dunia Kesehatan Selasa (25/5/2021)

Data sample untuk penelitian ini didapat dengan cara mengambil 10 citra pada 49 pasien bayi. Untuk mengambil citra yang diperlukan, digunakan kamera yang diberi jarak 50 - 60 cm di atas bayi dan juga kartu warna berjarak 5 - 10 cm di samping perut bayi.

Setelah mendapatkan citra mentah, dilakukanlah proses pemfilteran lalu koreksi warna. Setelah itu, dilakukan juga segmentasi kulit melalui konversi ke ruang warna lab. Kemudian beralih ke konversi ke ruang spesifik, akuisisi data statistik warna kulit sample, dan terakhir estimasi dengan regresi linear.

Selain itu, para dosen Teknik Fisika ITB juga membuat perangkat perangkat pencitraan pada dunia kesehatan. Yang berdasarkan pada teknologi thermal imaging. Penelitian ini dilaksanakan oleh Dr. Suprijanto, S.T, M.T., Naila Zahra, S.T, M.T., dan Tri Untoro, S.T, M.T.

Pada teknologi ini terdapat komponen bernama thermal microbolometer. “Thermal microbolometer mendeteksi radiasi inframerah di tubuh kita untuk dianalisis citranya,” ujar Vebi.

Baca Juga:

Aplikasi AI Google untuk Identifikasi Kondisi Kulit

anak
Inovasi yang dibuat ITB akan membantu dunia medis. (Foto: Pixabay/vjohns1580)

Selain thermal imaging, para staf pengajar Teknik Fisika ITB juga melakukan riset yang membuahkan hasil berupa alat dan teknologi untuk pencitraan yaitu tomografi optik. Pendeteksian perubahan warna pada gigi, pengujian penyebaran cairan pada masker, pendeteksi kelembaban kulit, pemetaan posisi jarum pada citra USG, dan deteksi awal penyakit kuning pada bayi.

Pada pemaparan materi ini, deteksi awal penyakit kuning pada bayi dan pemetaan posisi jarum pada citra USG menjadi hasil penelitian yang paling rinci pembahasannya.

Penelitian lainnya, mengenai pencitraan pada kesehatan untuk screening adalah pemetaan posisi jarum pada citra USG. Ini dilakukan oleh beberapa sivitas akademika Teknik Fisika ITB yaitu beberapa mahasiswa dan dosen. Dosen Teknik Fisika ITB yang terlibat pada penelitian ini adalah Dr. Suprijanto, S.T, M.T. dan Guru Besar KK Instrumentasi dan Kontrol Teknik Fisika ITB, Prof. Dr. Eng. Ir. Deddy Kurniadi, M.Eng.

“Riset ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan USG yang sering kali menggunakan jarum untuk melakukan pencitraan. Namun, ketika USG dilakukan, jarum yang dimasukkan tersebut sering tak terlihat. Riset ini dilakukan untuk menemukan teknologi yang dapat membuat jarum pada USG dapat terlihat dengan jelas,” ujar Vebi.

Selain itu, salah satu rumus matematis yang digunakan pada penelitian ini adalah linear derivative. Linear derivative berfungsi untuk mengestimasi atau menentukan area posisi jarum yang dimasukkan ketika melakukan USG. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Smartwatch Bisa Selamatkan Nyawa tapi Juga Picu Kekhawatiran

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Keren, Terowongan Bawah Laut Pertama di Kepulauan Faroe Segera Dibuka
Fun
Keren, Terowongan Bawah Laut Pertama di Kepulauan Faroe Segera Dibuka

Segera dibuka bundaran di terowongan bawah air Kepulauan Faroe.

Hunian Co-Living Hadir untuk Mahasiswa Tangerang
Property
Hunian Co-Living Hadir untuk Mahasiswa Tangerang

Hunian berkonsep co-living sangat nyaman dan cocok untuk mahasiswa.

Waduh, Kaspersky Pergoki Vaksin COVID-19 Dijual Bebas di Darknet
Fun
Waduh, Kaspersky Pergoki Vaksin COVID-19 Dijual Bebas di Darknet

Kaspersky memeriksa sejumlah pasar berbeda di Darknet. Dalam pemeriksaan tersebut, Kaspersky mendapati iklan untuk tiga merek vaksin COVID-19 yakni Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna

Lagi, Syuting Fantastic Beast 3 Ditunda
ShowBiz
Lagi, Syuting Fantastic Beast 3 Ditunda

Syuting lanjutan nanti akan dilakukan dengan penyesuaian pedoman keselamatan & kesehatan.

Samaritan, Film Superhero Terbaru Sylvester Stallone
ShowBiz
Dave Keuning Reuni dengan The Killer untuk Garap Album Baru
ShowBiz
Dave Keuning Reuni dengan The Killer untuk Garap Album Baru

Dave Keuning sempat hengkang pada 2017 dan merilis solo albumnya bertajuk Prism pada 2019 silam.

Hanya Butuh 12 Jam, Penjualan Album Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor
ShowBiz
Toyota Vellfire Hingga Fortuner VRZ Akan Dilelang Di IIMS 2021
Fun
Toyota Vellfire Hingga Fortuner VRZ Akan Dilelang Di IIMS 2021

Acara lelang mobil meramaikan IIMS 2021.

Ubah Konsep Liburan untuk Lindungi Keluarga
Fun
Ubah Konsep Liburan untuk Lindungi Keluarga

Mengingat masa libur sekolah di masa pandemi seperti sekarang

Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya
Hiburan & Gaya Hidup
Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya

Pedoman Gizi Seimbang mengacu pada Nutrition Guide for Balanced Diet.