Tekan Angka Kecelakaan, Korlantas Gencar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 17 September 2019
Tekan Angka Kecelakaan, Korlantas Gencar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas
Pelatihan safety riding. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Kecelakaan yang merenggut korban jiwa belakangan sering terjadi, baik di tol maupun di jalan raya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri makin gencar melakukan sosialisasi dalam berlalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan salah satu usaha untuk sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas dengan bersinggungan langsung dengan masyatakat. Seperti, pameran Road Safety Policing di beberapa mal Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga

Jangan Lupakan Safety Riding

"Tujuan road safety sejalan dengan amanat UU Lalu Lintas Angkutan Jalan, amanat PBB yang tertuang dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional (RRUNK) untuk, pertama, mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar. Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang road safety," ujar Chryshnanda di Jakarta, Selasa (17/9).

Menurut Chryshnanda, pameran Road safety Policing dilakukan untuk menginspirasi, menginformasikan sesuatu yang baik dan benar, mendorong para pemirsanya peduli akan keselamatan bagi dirinya dan orang lain dalam berlalu lintas. Kemudian, kata dia, mengcounter isu yang negatif atau hoaks, menunjukkan solusi dan menghibur.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana

"Untuk materi pameran diambil dari berbagai sumber yang divisualisasikan dalam bentuk film, poster, buku, leaflet, peragaan. Program-program pendukung lainnya dapat disertakan seperti dialog, wawancara, work shop, seminar, FGD. Ke semua itu merupakan situasi yang dinamis dapat dikembangkan dengan menggunakan kearifan lokal," tutur dia.

Baca Juga

Millennial Road Safety Festival di Palembang Disambut Positif

Sementara itu, Pakar Transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung mendukung usaha kepolisian lalu lintas, dinas perhubungan atau instansi lainnya untuk berusaha mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas.

"Saya mendukung polisi lalu lintas atau dishub atau instansi lainnya untuk mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi harus dilakukan bersama-sama, petugas dan masyarakat. Tidak bisa cuma salah satu saja," kata Ellen.

"Sebab saya menilai, tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah," jelas dia.

Eko, salah satu masyarakat yang menghadiri pameran Road Safety Policing di Cibubur Junction mengungkapkan setuju dengan usaha pihak kepolisian lalu lintas dalam mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas.

Baca Juga

Kapolda Metro Jaya Ajak Generasi Milenial Jaga Persatuan dan Kesatuan

"Bagus sih ini, ada informasi dalam berlalu lintas, jadi diingatin lagi untuk peduli terhadap diri sendiri dan pengguna lalu lintas lainnya dalam berlalu lintas. Plus hiburan juga," jelas pria yang berdomisili kawasan Depok ini. (Ayp)

#Korlantas
Bagikan
Bagikan