Tekad Skuad Merah Putih Boyong Piala Sudirman ke Tanah Air

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 22 September 2021
Tekad Skuad Merah Putih Boyong Piala Sudirman ke Tanah Air
Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna memberikan pesan kepada timnas Indonesia yang akan bertanding di Piala Sudirman dan Thomas-Uber di Jakarta, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi PP PBSI

MerahPutih.com - Tim nasional bulu tangkis Indonesia yang berkekuatan 38 orang terdiri atas atlet, pelatih teknik dan fisik, dokter, hingga psikolog bertolak ke Finlandia untuk mengikuti Piala Sudirman melalui penerbangan dari Jakarta, Selasa (21/9) malam.

Susunan timnas yang terdiri dari 11 atlet putra dan sembilan putri, akan berlaga di Kota Vantaa pada 26 September-3 Oktober dan masuk dalam jajaran grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia, dan Kanada.

Baca Juga:

Bantuan Mulai Mengalir ke Mantan Atlet Bulu Tangkis Verawaty Fajrin

"Kami sudah siap, mohon doanya agar tim bisa bermain lepas dan menampilkan performa terbaik. Semoga pula Indonesia bisa merebut Piala Sudirman untuk dibawa kembali ke Tanah Air," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky.

Manajer Tim Eddy Prayitno menegaskan, para pemain dalam kondisi tim sudah siap tempur. Hasil uji PCR yang dilakukan pada Senin pagi juga menunjukkan hasil negatif dari seluruh anggota tim.

PBSI mengakui, punya ambisi besar untuk memboyong lambang supremasi bulu tangkis beregu campuran dunia yang baru sekali diraih pada penyelenggaraan perdana di Jakarta tahun 1989.

Sebelum berangkat, tim Piala Sudirman juga sempat dilepas oleh Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. Alex berpesan agar tim Merah Putih selalu kompak dan bisa menikmati pertandingan selama berjuang di Finlandia.

"Selamat jalan dan selamat bertanding. Tunjukkan penampilan terbaik dan menikmati pertandingan. Doa kami menyertai perjuangan tim Indonesia. Semoga pemain mampu menjaga kesehatan dan kekompakan," tutur Alex.

Kapten timnas bulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan, mengakui, timnya akan menghadapi tantangan sulit di Piala Sudirman, namun ia ingin mereka bermain lepas karena peluang untuk merebut gelar juara kedua kalinya di turnamen beregu campuran itu masih tetap terbuka lebar.

Anggota timnas bulu tangkis Indonesia yaitu Hendra Setiawan, Fajar Alfian, dan Jonatan Christie saat berada di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa, sebelum terbang untuk berlaga di Piala Sudirman di Finlandia. (Foto: PBSI)
Anggota timnas bulu tangkis Indonesia yaitu Hendra Setiawan, Fajar Alfian, dan Jonatan Christie saat berada di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa, sebelum terbang untuk berlaga di Piala Sudirman di Finlandia. (Foto: PBSI)

"Peluang semua tim 'fifty-fifty', tergantung nanti bagaimana di lapangannya saja. Semoga semua bisa bermain lepas," ucap Hendra lewat keterangan resmi PBSI.

Tetapi, ia akin Skuad Merah Putih bisa tampil baik, didukung pula oleh atlet yang sudah kenyang pengalaman dari hampir semua sektor.

"Harapannya tentu bisa mendapat hasil maksimal. Kami punya peraih medali emas Olimpiade di ganda putri, pemain nomor satu dunia di ganda putra, Jonatan dan Ginting di tunggal putra juga bagus. Merata lah kekuatannya, semoga tahun ini bisa membawa pulang Piala Sudirman," Hendra.

Piala Sudirman 2021 akan bergulir pada 26 September-3 Oktober di Finlandia, dan satu minggu kemudian berlanjut dengan Piala Thomas-Uber 2020 pada 9-17 November di Denmark. Sementara beberapa atlet yang akan turun di Piala Thomas-Uber akan menyusul ke Denmark pada Senin, 4 Oktober, pukul 19.25 WIB menggunakan pesawat KLM dengan nomor penerbangan KL838. (*)

Baca Juga:

Tim Bulu Tangkis Indonesia Belum Terbendung

#Piala Sudirman #Atlet Bulu Tangkis #Bulu Tangkis Indonesia #PBSI
Bagikan
Bagikan