Tekad Anies Baswedan Pertahankan Opini WTP Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi DKI yang telah melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pak kepala BPK perwakilan provinsi dan seluruh jajaran," ujar Anies di Balai Kta DKI, Jakarta Pusat, Senin (4/2)

Saat ini, Anies menuturkan, pihaknya masih terus berusaha agar dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Mengingat tahun 2018 Pemprov DKI Jakarta meraih opini WTP di tahun 2019.

"Kita tentu saja dari sisi pemprov DKI akan berikhtiar untuk bisa menyelesaikan semua yang menjadi kewajiban kita," tuturnya.

Gubernur Anies saat meninjau pasien DBD di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan (MP/Asropih)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan saat ini juga pihaknya masih perlu ditata secara rinci dan jelas adalah terkait aset-aset Pemprov DKI. Ia pun berjanji bakal dituntaskan dalam waktu dekat.

"Memang kita mengakui masalah masalah yang menata baik kita menata asset. Dan penataan aset ini umumnya temuan temuan dari 2017 kebelakang," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan DKI Jakarta Yuan Chandra menjelaskan bahwa pemeriksaan ini akan berlangsung selama kurang lebih 67 hari kerja dan akan menghasilkan opini terhadap laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta. Opini tersebut akan didasarkan pada empat kriteria.

"Pertama adalah kesesuaian terhadap standar akuntansi pemerintah. Kemudian, kedua, kecukupan pengungkapan. Kemudian, yang ketiga adalah efektivitas atas sistem pengendalian. Dan, yang keempat kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH