TEI ke-37 Menghasilkan Total Nilai Penandatanganan USD 1,87 Miliar

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 24 Oktober 2022
TEI ke-37 Menghasilkan Total Nilai Penandatanganan USD 1,87 Miliar
Ilustrasi dollar Amerika Serikat. Foto: NikolayF.com/Pixabay

MerahPutih.com - Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 secara luring pada 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi Kementerian Perdagangan mengatakan hingga Minggu (23/10), TEI menghasilkan 31 kesepakatan dagang. Salah satu produk yang ditransaksikan adalah produk-produk halal.

Baca Juga

Kemendag Jajaki Potensi Imbal Dagang untuk Perluas Pasar Ekspor

"Produk yang ditransaksikan meliputi produk makanan dan minuman; produk perawatan; suplemen herbal; fashion; pupuk organik; rempah-rempah; dan produk halal," ujar Didi Sumedi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (24/10).

Didi menambahkan, mitra dagang tersebut berasal dari Malaysia, Mesir, Hungaria, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Saudi Arabia. Selanjutnya, terdapat tiga negara melaksanakan imbal dagang dengan Indonesia, yaitu Korea Selatan, Nigeria, dan Ghana.

Baca Juga

Kemendag Klaim Telur Ayam Ras Sudah Turun di Tingkat Eceran hingga 2,2 Persen

Salah satu kesepakatan tersebut dilakukan Mustika Ratu dengan mitra dagang dari AS, Jepang, Arab Saudi, Australia, dan UEA yang penandatanganannya disaksikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Nilai kontraknya masing-masing sebesar USD 400 ribu, menjadikan nilai total seluruhnya untuk kelima negara tersebut USD 2 juta," sambungnya.

Total nilai penandatanganan pada hari pertama pada 19 Oktober 2022 senilai USD 1,19 miliar, hari kedua pada 20 Oktober 2022 sebesar USD 261 juta, hari ketiga USD 376 juta pada 21 Oktober 2022, dan hari keempat 22 Oktober 2022 senilai US D42,32 juta. Dengan demikian, total nilai penandatanganan hingga 22 Oktober 2022 tercatat USD 1,87 miliar.

Didi menyampaikan apresiasi terhadap perwakilan perdagangan yang turut memfasilitasi penandatanganan tersebut.

"Saya optimistis, kepercayaan dan antusiasme pelaku usaha luar negeri terhadap Indonesia berbanding lurus dengan tema TEI ke-37 "Strengthening Global Trade for Stronger Recovery"," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga

Kemendag Perkuat Aturan Izin Aset Kripto untuk Lindungi Konsumen

#Kementerian Perdagangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan