TEI Hari Kedua Catatkan Nilai Kontrak Dagang Rp 9,3 Triliun

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 Oktober 2023
TEI Hari Kedua Catatkan Nilai Kontrak Dagang Rp 9,3 Triliun
Salah satu MoU antara eksportir Indonesia dengan buyer yang diselenggarakan bersamaan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (18/10). ANTARA/HO-Kemendag

MerahPutih.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berhasil mencatatkan nilai kontrak dagang sebesar 625 juta dolar AS atau sekitar Rp 9,3 triliun pada hari kedua pelaksanaan pameran Trade Expo Indonesia (TEI), di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (19/10).

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menjelaskan, nilai tersebut diperoleh dari 60 penandatanganan nota kesepahaman (MoU) eksportir Indonesia dengan para pembeli internasional.

Baca Juga

Pengendalian Impor Buat Lindungi Perdagangan Dalam Negeri

"Kami optimistis TEI tahun ini akan mencapai target dan laris manis. Masih akan ada penandatanganan kontrak-kontrak dagang berikutnya hingga akhir pameran fisik TEI ke-38 pada Minggu (22/10)," ujar Didi di Jakarta, Jumat (20/10).

Penandatanganan kontrak dagang hari kedua melibatkan eksportir Indonesia dengan 15 negara mitra yaitu Kanada, Hongaria, Ghana, Nigeria, Vietnam, Australia, Meksiko, Jerman, Jepang, Mesir, Uni Emirates Arab (UEA), Thailand, Prancis, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga

86,1 Persen Responden Puas atas Pemberantasan Perdagangan Orang

Dari penandatanganan kontrak dagang tersebut, nilai terbesar berasal dari pembeli PEA sebesar USD 295,6 juta. Nilai kontrak dari UEA ini bahkan didominasi produk perhiasan sebesar USD 280 juta.

Nilai kontrak terbesar selanjutnya pada hari kedua tersebut adalah Mesir dengan USD 193,5 juta, diikuti Inggris USD 50 juta, Meksiko USD 21 juta, dan Ghana USD 12,5 juta.

"Produk-produk Indonesia yang termasuk dalam kontrak dagang hari kedua meliputi antara lain perhiasan, makanan dan minuman, karpet, dekorasi rumah, peralatan kaca, teh, bulu mata palsu, peralatan dapur, biji kopi, obat batuk, pupuk organik, produk kertas, modest fashion, dan bubuk kakao," tutupnya. (Asp)

Baca Juga

Jokowi Ingin Kerja Sama Perdagangan RI-Bangladesh Dioptimalkan

#Kementerian Perdagangan #Trade Expo Indonesia (TEI)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan