Teh-Teh Korea ini Membangkitkan Kebugaran Tubuh Daechucha, teh tradisional Korea. (Foto; tasteatlas)

KOREA Selatan terkenal karena budaya Hallyu-nya, mempunyai kuliner yang bervariasi, salah satunya adalah minuman tradisional. Berbagai minuman tradisional di Korea Selatan terkenal dengan khasiatnya yang menyehatkan bagi tubuh dan memberi efek jangka panjang apabila diminum secara rutin.

Yuk kita simak berbagai minuman tradisional khas negeri gingseng tersebut.


Baca Juga:

Mengenal 2 Jenis Kopi dari Flores NTT yang Mendunia


1. Sujeonggwa

teh
Dibuat dari ekstrak kesemek. (Foto: Carolines Cooking)


Sujeonggwa adalah minuman berwarna merah yang terbuat dari ekstrak kesemek. Bahan lain yang dicampurkan ke minuman ini adalah jahe, biji pinus, kayu manis, madu dan gula merah. Minuman ini terasa pedas dikarenakan rempah-rempah yang dicampur serta manis dari madu dan gula. Biasanya Sujeonggwa disajikan dingin dan tersedia dalam bentuk kalengan. Sujeonggwa memiliki khasiat yang cukup banyak, diantaranya mengandung vitamin C berkat kesemek yang digunakan, tidak hanya itu kandungan dari biji pinus juga diyakini bisa membuat kulit menjadi mulus, Sujeonggwa juga memiliki kandungan vitamin A serta beta karoten.


2. Sikhye

teh
Teh yang terbuat dari nasi. (Foto: Everybunny Eats)


Minuman ini terbuat dari nasi yang sudah matang dan rasanya terkenal manis. Cara membuat Sikhye adalah dengan menuangkan air malt ke nasi yang sudah matang sampai ada butir nasi yang mengambang, lalu campuran tersebut dituang dan direbus sampai menjadi manis. Biasanya, Sikhye dijadikan sebagai dessert setelah makan. Orang Korea Selatan meyakini bahwa Sikhye dapat memperlancar pencernaan kamu apabila diminum secara rutin.


3. Yujacha

teh
Yujacha adalah teh limau. (Foto: mykoreankitchen)


Yuchaja yang berarti teh limau menjadi minuman favorit orang Korea Selatan saat musim dingin tiba. Cara membuat teh ini dengan mencampurkan buah jeruk Yuja yang sudah dibentuk menjadi sirup, lalu ditambahkan madu dan air teh hangat. Dikarenakan bahannya terbuat dari jeruk, maka Yujacha mempunyai kandungan vitamin C yang sangat kaya, tidak hanya itu, Yujacha juga mampu membantu menyembuhkan demam, sakit tenggorokan dan melancarkan peredaran darah.

Baca Juga:

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!


4. Omijacha

teh
Terbuat dari bunga magnolia kering. (Foto: theperceptionalist)


Omijacha dibuat dari beri bunga magnolia yang kering. Beri bunga magnolia kering tersebut direbus dengan api bertemperatur rendah, lalu diberi madu sebagai tambahan pemanisnya. Teh ini terdiri dari 5 rasa yaitu manis, asam, pahit, asin dan pedas, Omija pun dalam bahasa Indonesia artinya adalah 5 rasa. Omijacha mempunyai manfaat melegakan tenggorokan, menghangatkan tubuh dan penangkal flu.

5. Daechucha

teh
Meringankan stres. (Foto: maangchi)


Daechucha terbuat dari buah jujube yang dikeringkan lalu direbus hingga airnya coklat kehitaman. Meskipun terlihat sederhana, membuat teh ini memerlukan waktu hingga 8 sampai 10 jam. Daechucha memiliki kandungan zat besi, potassium, vitamin B dan vitamin C. Manfaat dari Daechucha ini adalah bisa meringkankan stres dan membuat peminumnya menjadi rileks, oleh karena itu orang Korea biasa mengonsumsi teh ini sebelum tidur agar tidur mereka lebih lelap. (PP)


Baca Juga:

4 Kuliner Samboja yang Kelezatannya Bikin Lupa Daratan



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH