Teh Tawar, Minuman Pengusir Kolesterol di Hari Lebaran

Lebaran identik dengan makan dan jajan sepuasnya. Efeknya, tak hanya berat badan yang bertambah. Kolesterol pun meningkat.

Menurut ahli nutrisi dari Asosiasi Nutrisi Indonesia, Dr Saptawati Bardosono, lonjakan kolesterol dapat ditekan dengan mengonsumsi teh tawar atau pahit.

"Batasi kudapan dan minuman manis. Pilih air putih atau teh tawar," terangnya.

Teh mengandung zat aktif yang dapat mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain mengonsumsi teh, Anda juga disarankan menyantap sayuran dan buah-buahan. Kandungan serat dan fitosterol pada sayur dan buah dapat menghambat penyerapan lemak dalam usus. Kemudian, hindari makanan bersantan.

Saptawati menyarankan pula agar Anda tetap makan tiga kali sehari sehingga tidak perlu makan berlebihan. Lalu, tetap lakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan kadar lemak baik dan mengusir lemak jahat dari darah. Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya jantung koroner dan penderita kadang tak mengenali gejalanya.

Kolesterol dikategorikan normal bila berada pada angka di bawah 200 mg d/L dengan LDL di bawah 130 mg dan HDL di atas 40 mg. Selama Lebaran, Anda sudah mengecek kadar kolesterol dalam tubuh?

Sumber: ANTARA

Baca juga artikel lain tentang kolesterol: Kolesterol Tinggi? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH