Teh Honeybush, Teh Asal Afrika Selatan yang Bermanfaat Teh Honeybush (Foto: Pixabay/JillWellington)

TEH honeybush berasal dari daun tanaman honeybush, tanaman asli Cape Timur Afrika Selatan. Honeybush juga dikenal sebagai Cyclopia. Ciri-cirinya bunga-bunga kuning yang menarik dan berbau madu segar. Daunnya juga memiliki aroma manis. Honeybush adalah tanaman berbunga dari keluarga Fabaceae.

Rasa teh honeybush mirip dengan teh rooibos atau teh herbal lain dari Afrika Selatan yang termasuk keluarga Fabaceae seperti honeybush. Saat teh ini diseduh, aroma khasnya akan menyebar ke seluruh ruangan. Teh honeybush juga tak memiliki kafein seperti teh lainnya, yang membuatnya lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

Baca juga:

Jangan Percaya Mitos Penyakit Vitiligo Ini

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat kesehatan yang didapat saat mengonsumsi teh honeybush.

1. Mengobati insomnia

Mengobati insomnia (Foto: PixabayDanFa)
Mengobati insomnia (Foto: PixabayDanFa)

Teh Honeybush bebas dari kafein dan rendah tannin. Ketika diminum, ia bertindak sebagai obat penenang ringan dan membantu kita tidur nyenyak dengan menenangkan sistem saraf dan mendorong tidur. Hal itu membuat teh honeybush mampu mengobati insomnia.

2. Menyembuhkan masalah gastrointestinal

Menyembuhkan masalah gastrointestinal (Foto: Pixabay/derneuemann)
Menyembuhkan masalah gastrointestinal (Foto: Pixabay/derneuemann)

Sejumlah besar senyawa polifenol dalam teh honeybush dikenal untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan perut seperti ketidaknyamanan perut, kram, nyeri, sembelit, dan kembung.

Baca juga:

Penderita Diabetes Harus Menjalankan Pola Hidup Sehat

3. Mengobati pilek

Mengobati pilek (Foto: Pixabay/nastya_gepp)
Mengobati pilek (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Menurut sebuah penelitian, teh honeybush mengandung isoflavon, narirutin dan scolymoside (flavonoid) yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi pilek dan flu.

4. Mencegah gejala menopause

Mencegah menopause (Foto: Pixabay/silviarita)
Mencegah menopause (Foto: Pixabay/silviarita)

Menurut sebuah penelitian, teh honeybush mengandung senyawa phytoestrogenic (mangiferin dan hesperidin) yang membantu mengurangi gejala menopause pada wanita. Teh ini juga membantu dalam mencegah kanker yang tergantung hormon seperti kanker payudara.

5. Mengobati obesitas

Mengobati obesitas (Foto: Pixabay/jarmoluk)
Mengobati obesitas (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedicine & Farmakoterapi, cyclopia memiliki efek anti-obesitas karena adanya senyawa fenolik seperti flavonoid, xanthone dan benzophenone.

Baca juga:

Sheet Mask Praktis, Tapi...


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH