Tebing Lereng Lawu Longsor, Ratusan KK Terisolasi Ilustrasi. (Foto Ist)

MerahPutih.com - Hujan deras di Magetan pada Kamis (4/1) malam mengakibatkan tebing di kawasan lereng Gunung Lawu di Desa Genilangit, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, longsor menimbun jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Kamari mengatakan, tebing yang longsor setinggi 25 meter dan panjang 20 meter menutup akses jalan, sehingga ratusan kepala keluarga sempat terisolasi.

"Hujan deras kemarin sore hingga malam mengakibatkan tebing panjang 20 meter dan tinggi 25 meter longsor menutup jalan penghubung antardesa Genilangit dengan Dusun Wonomulyo di Kecamatan Poncol. Sedikitnya 350 kepala keluarga terisolir akibat longsor tersebut," kata Kamari seperti dikutip Antara, Jumat (5/1).

Untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsoran tersebut, kata Kamari, BPBD bersama personel TNI, Polri, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Perhutani, PMI, Tagana bersama warga melakukan kerja bakti.

"Sedangkan untuk mempercepat pembersihan reruntuhan tebing tersebut, Dinas PUPR menurunkan alat berat ekskavator," ujar Kamari.

Guna meminimalisasi adanya korban kecelakaan di lokasi kejadian, kata Kamari, tim bersama warga masyarakat memberikan tanda rambu di lokasi longsoran.

Kamari mengingatkan masyarakat yang tinggal di wilayah lereng Gunung Lawu untuk selalu waspada selama musim hujan berlangsung. Sebab bisa berpotensi menimbulkan bencana longsor.

"Kepada masyarakat yang tinggal di wilayah lereng Gunung Lawu, agar waspada bila terjadi hujan dalam waktu lebih dari tiga jam. Karena berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Mitigasi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) selama Januari 2018 masih terjadi hujan intensitas sedang dan lebat," katanya. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH