TCL Perkenalkan Kacamata AR Pertamanya di CES 2023

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 06 Januari 2023
TCL Perkenalkan Kacamata AR Pertamanya di CES 2023
TCL telah pamerkan kacamata pintar sejak 2021. (Foto: XDA-Developers)

PERUSAHAAN elektronik TCL dikenal lewat jajaran TV-nya dan beberapa smartphone dengan budget minim. Tetapi perusahaan itu juga telah berkecimpung di segmen produk lain selama beberapa tahun.

Mengutip XDA Developers, Kamis (5/1), salah satu inovasi TCL adalah sebuah kacamata digital yang memberi penggunanya kemampuan untuk menampilkan layar sebesar 100 inci di depan wajah mereka hanya dengan mengenakan kacamata.

Baca juga:

Bakal Hadir Modul Kamera Optical Zoom 9 Kali di CES 2023

TCL Perkenalkan Kacamata AR Pertamanya di CES 2023
Kacamata pintar sebelumnya hanya memperbesar tampilan perangkat yang terhubung. (Foto: TCL)

Biasanya raksasa teknologi itu hanya mengenalkan prototipe produk mereka di Costumer Electronic Show (CES) 2023. Salah satunya yakni kacamata pintar yang telah beberapa kali TCL pamerkan. Yang paling awal adalah NXTWEAR G pada 2021, kemudian berikutnya mereka memamerkan NXTWEAR AIR, dan baru-baru ini beredar produk lanjutan yang dikenal sebagai NXTWEAR S.

Meskipun kacamata ini bagus dari segi fungsi, mereka sebenarnya bukan produk yang berdiri sendiri, melainkan lebih merupakan aksesori tambahan dari perangkat yang ada, yakni dengan memperluas tampilan perangkat yang terhubung ke ukuran yang lebih luas.

Di CES 2023, TCL ingin memperluas produk kacamatanya dengan mengumumkan kacamata augmented reality (AR) pertamanya, yang dikenal sebagai RayNeo X2. Kacamata ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon XR2 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

RayNeo X2 terlihat seperti kacamata semi-normal, tetapi akan menampilkan layar micro-LED penuh warna di setiap lensanya yang menawarkan kecerahan hingga 1.000 nits. Kacamata ini juga mengemas sebuah kamera dengan resolusi 16MP yang mampu merekam video 1080p dan juga mengambil foto.

Baca juga:

TV OLED dengan Kualitas Gambar Jernih dan Terang di CES 2023

Pada RayNeo X2 juga terdapat speaker ganda, dan sensor bawaan seperti giroskop, akselerometer, kompas, dan sensor tekanan. Sekarang, TCL mengatakan bahwa kacamata AR ini akan memiliki fitur akses ke asisten digital, memproyeksikan arah navigasi di layar, memproses terjemahan dengan cepat, dan masih banyak lagi.

Memang semua ini terdengar hebat, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa TCL belum benar-benar membuat produk untuk dijual, melainkan hanya memamerkan dan mengumumkan inovasi yang mereka buat.

Lebih lanjut, TCL mengatakan bahwa produk ini akan diberikan kepada berbagai pengembang elektronik pada awal 2023. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Meskipun tidak diketahui kapan akan tersedia secara komersial, perusahaan itu sendiri mengklaim bahwa RayNeo X2 akan mulai dijual di 2023. (kna)

Baca juga:

Kingston Siap Rilis Perangkat Penyimpanan Data Terbaru di CES 2023

#Teknologi #Augmented Reality
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan