Taylor Swift Raih Pendapatan Rp 1,55 Triliun dari Spotify di 2023

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 05 Desember 2023
Taylor Swift Raih Pendapatan Rp 1,55 Triliun dari Spotify di 2023
Taylor Swift berhasil menjadi salah satu artis terpopuler di Spotify tahun ini. (Foto: Instagram/Taylorswift)

Taylor Swift tidak hanya memuncaki Spotify Wrapped 2023 banyak pengguna Spotify. Solois asal Amerika Serikat ini juga sukses memuncaki Spotify 2023 dan diperkirakan bakal raih pendapatan lebih dari 1 triliun.

Dilansir oleh laman NME, karya-karya Taylor Swift di Spotify telah diputar lebih dari 26 miliar kali sepanjang tahun ini. Berkat hal tersebut, Swift diperkirakan akan memeroleh pendapatan lebih dari USD 100 juta atau Rp 1,55 triliun per akhir Desember 2023.

"Aku hanya ingin berterima kasih kepada siapapun yang telah mendengarkan musikku tahun ini," ungkap Swift di akun media sosial X (sebelumnya Twitter) soal pencapaiannya di 2023.

Baca juga:

Matty Healy Tak akan Kolaborasi dengan Taylor Swift di '1989 (Taylor's Version)'

Kesuksesan Swift di Spotify berkontribusi separuh dari seluruh pendapatannya di platform streaming musik. (Foto: Instagram/Taylorswift)

Menurut hasil kalkulasi Billboard, nilai uang tersebut baru didapat dari hitungan royalti saja. Jika ditambah dengan hasil penerbitan lagu dan albumnya di Spotify, Swift akan mengantongi uang paling sedikit USD 131 juta atau Rp 2,03 triliun).

Jumlah uang ini adalah estimasi pendapatannya dari Spotify saja, belum dari platform lain, seperti Apple Music, Amazon Music, dan YouTube. Jika jumlah streaming di seluruh platform ditotal, maka lagu-lagu Taylor Swift telah diputar sebanyak 38,3 miliar kali.

Lewat angka sebesar ini, pelantun lagu Back to December ini bisa saja memeroleh pendapatan hingga USD 160 juta atau Rp 2,48 triliun sebagai royaltinya. Nah, jika ditambah dengan hasil penerbitan, maka total keuntungannya naik menjadi USD 200 juta atau Rp 3,1 triliun.

Baca juga:

Album ‘1989 (Taylor's Version)’ Taylor Swift Pecahkan Rekor Streaming Spotify

Swift kini memeroleh gelar Global Top Artist Spotify 2023 per akhir November. (Foto: Instagram/Taylorswift)

Di sisi lain, Swift baru-baru ini diumumkan sebagai artis dengan jumlah streaming tertinggi di Spotify. Gelar Global Top Artist 2023 pun disematkan padanya. Untuk merayakan hal tersebut, perempuan ini kemudian merilis sebuah single bertajuk You're Losing Me (From The Vault) di Spotify pada 29 November.

"Duduk sebagai Global Top Artist Spotify di 2023 adalah kado ulang tahun dan hadiah akhir tahun terbaik yang bisa diberikan kepadaku," tutur Swift soal pencapaian ini.

Taylor Swift saat ini tengah berada di tengah tur konser dunianya nan bertajuk The Eras Tour. Musisi kelahiran Desember 1989 ini rencananya bakal kembali melanjutkan penampilannya pada 7 Februari 2024 di Jepang, setelah masa liburan akhir tahun. (mcl)

Baca juga:

Demi Durasi, 5 Lagu ini Dihapus dari Setlist Film 'Taylor Swift: The Eras Tour'

#Spotify #Musik #Taylor Swift
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan