Tayangkan Video Tak Senonoh, TransJakarta Kandangkan 59 Bus Zhongtong Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - PT TransJakarta mengeluarkan kebijakan dengan melarang sebanyak 59 bus TransJakarta merek Zhongtong asal China beroperasi mengangkut penumpang di Jakarta.

Larangan itu diterapkan karena salah satu bus Zhongtong menayangkan vidoe klip musik seorang wanita yang berpakaian tak senonoh saat mengaspal.

Baca Juga:

Pemprov DKI Minta Masyarakat Tak Ragu Gunakan TransJakarta Zhongtong

"Ia Dikandangin, tapi intinya sedang kita stop operasi. Total ada 59 unit," kata Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Bus Zhongtong dikandangi lantaran ada ilkan tak senonoh
Bus Zhong Tong yang beroperasi di koridor 1 jurusan Blok M- Kota melintasi Halte Bundaran HI, Jumat (18/10/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

Menurut Agung, penghentian sementara bus Zhongtong bertujuan untuk menginvestigasi kejadian video viral tak senonoh itu. Hal itu dilakukan agar kejadian serupa tak terulang kembali.

Atas kejadian memalukan itu, Agung mengaku langsung mengapus video dan memutus kabel yang menyambung ke papan iklan elektronik tersebut. Pekerjaan itu dilakukan bersama Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

"Untuk kita lakukan pengecekan semuanya. kita investigasi kenapa itu bisa terjadi, kita cabut kabel, kita hapus video itu dan dilakukan oleh PPD," papar dia.

Agung menuturkan, ulah dari kecerobohan itu bus Zhongtong mengalami kerugian karena transpotasi yang dikelolah oleh PPD dibayar per kilometer, artinya bila tak beroperasi bus itu tak mendapatkan penghasilan.

"Saat ini sedang stop operasi untuk pemeriksaan, lalu begitu stop operasi kalian tau, mereka dibayar oleh kita berdasarkan kilometer, begitu stop operasi sehari ga jalan, dua hari ga jalan ya kerugian," tuturnya.

Disamping itu, Agung belum bisa memastikan setelah evaluasi selesai pihaknya akan memberikan ruang kepada Zhonhtong untuk mengaspal kembali mengangkut penumpang.

"Kita lihat aja nanti, kita lihat hasil evaluasi," tutup dia.

Sebelumnya, viral di media sosial memperlihatkan adanya tontonan iklan seorang wanita dengan berpaian tak senonoh di bus Transjakarta saat tengah mengangkut penumpang.

Baca Juga:

Lulus di Kemenhub, Bus TransJakarta Zhongtong Layak Mengaspal di Ibu Kota

Salah satu Akun Twitter, @itsfianseptian mengunggah rekaman dari ponselnya, memperlihatkan salah satu bus TransJakarta dengan nomor seri PPD-0732 memutarkan video iklan dengan memperlihatkan bagian tubuh wanita yang tak patut ditonton publik, khususnya anak kecil.

Keterangan video tersebut tertuliskan video diambil pada 9 November 2019 pukul 19.00 WIB di koridor 1.

“Layar ini beberapa kali menampilkan iklan dari adtopic yang cukup vulgar untuk18 tahun ke atas. Sepertinya perlu dicek kembali video yang ditampilkan (bus PPD-0732),” kata @itsfianseptian dalam akun Twitternya.(Asp)

Baca Juga:

Bus Zhongtong Kembali Beroperasi, Anies: Bukan Kewenangan Pemprov DKI

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH