Tawarkan Experience Baru, Brightspot Hadir dengan Konsep Virtual City Brightspot hadir dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya (Foto: instagram/@BrightspotMRKT)

PANDEMI COVID-19 di dunia memberikan perubahan drastis dalam perilaku berinteraksi saat ini. Banyak yang menghabiskan waktu di rumah saja, dan memilih kegiatan berhubungan dengan hobi.

Tak hanya itu, pertemuan melalui daring menjadi suatu kebutuhan untuk dilakukan pada pandemi ini. Beradaptasi dengan adanya perubahan tersebut, Brightspot Market (BrightspotMRKT) kembali hadir di 2020 secara virtual.

Baca Juga:

Cara Haykal Kamil Survive di Bisnis Fashion Muslim saat Pandemi

Dengan mengusung konsep virtual city, BrightspotMRKT ke-11 ini akan diselenggarakan pada 25 Desember 2020 sampai 1 Januari 2021. Kegiatan ini didukung oleh BINTANG, VIDA, VISQUARES, ASHTA & FLIX CINEMA.

Pengalaman untuk hadir di pasar kreatif yang ditunggu tiap tahunnya ini, dapat diakses melalui aplikasi dan laman website dari Brightspot yang bisa di download di AppStore dan PlayStore.

Sejumlah brand fashion lokal ternama hadir di BrightspotMRKT Virtual City (Foto: instagram/@BrightspotMRKT)

Sebanyak 220 brand dan partisipan akan bergabung dalam kegiatan di antaranya workshop, talkshow, market, music performances, dan masih banyak lagi.

"Walaupun tidak dapat beinteraksi secara tatap muka, namun tidak mengurangi excitement yang diharapkan untuk dihasilkan melalui konsep virtual ini," ujar Anton Wirjono, Co-founder BirgtshpotMRKT.

Anton menambahkan "Pengalaman event online sebesar BrightspotMRKT Virtual City menjadi tantangan tersendiri. Dengan keterbatasan akibat pandemi, namun tidak menyurut kami untuk tetap menjadi platform berkumpulnya pelaku industri kreatif, dalam membangkitkan kembali ekonomi Indonesia terutama di sektor UMKM".

Baca Juga:

Memberdayakan Santri lewat Fesyen

Tidak hanya menyajikan market yang berhubungan dengan industri kuliner BrightspotMRKT yang selama ini menjadi andalan, kali ini BrightspotMRKT mencoba mengkurasi kategori yang lebih luas. Fokusnya dengan kategori berhubungan dengan produk-produk gaya hidup.

Pengisi market yang akan berpartisipasi dalam BrightspotMRKT Virtual City ini, antara lain Public Culture, Locale, Marianes, Shop at Velvet, Elhaus, Pot Meets Pop untuk kategori ritel. Lalu ada Union Group, Pantja Fried Chicken serta Mazaarat Cheese untuk kategori F&B.

Selain market, beragam talkshow dan conference akan diselenggarakan dalam agenda selama satu minggu. Tak ketinggalan penampilan dari Tulus, Kenny Gabriel, Deefo, Adroitz, DJ Klapr akan hadir mengisi music performances di BrightspotMRKT Virtual City.

Para pengunjung yang tertarik hadir di acara kali ini , dapat mengikuti via aplikasi dan website BrightspotMRKT dengan cukup mendaftarkan diri sesuai nama identitas. Para pengunjung yang sudah mendaftarkan diri, akan mendapatkan akses password untuk masuk ke virtual city.

Penyelenggaraan BrightspotMRKT di akhir tahun ini juga diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi masyarakat untuk menyambut 2021.

"BrightspotMRKT Virtual City ini diharapkan bisa membangkitkan semangat baru, terutama pelaku industri kreatif, agar tidak putus asa. Dengan kolaborasi yang dilakukan di BrightspotMRKT, semoga bisa memberikan peluang dan pengalaman baru bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya," Jelas Anton.

Sementara itu, Jessica Setiawan selaku Marketing Director Multi Bintang Indonesia, menuturkan bahwa BINTANG sangat mendukung BrightspotMRKT Virtual City.

"Sebagai bir favorit Indonesia sejak 1931, BINTANG melalui kampanye #TetapBisa ingin mendorong para konsumen & masyarakat bisa saling terhubung, saling menginspirasi, dan terus berkarya apa pun situasi yang kita hadapi," ujar Jessica.

"Hal ini sejalan dengan misi BrightspotMRKT Virtual City yang menyediakan platform bagi para pelaku industri kreatif untuk bisa tetap berkarya di tengah situasi yang sangat menantang. Partisipasi BINTANG dalam BrightspotMRKT Virtual City juga merupakan bagian dari upaya kami yang lebih luas lagi untuk memberikan dukungan kepada usaha-usaha lokal, agar kita dapat bangkit dan tumbuh bersama," tambahnya.

Selain itu, Frans Arsianto selaku Commercial and Marketing Director ASHTA, menjelaskan Astha memiliki visi dan misi yang sama dengan BrightspotMRKT, setelah sebelumnya sukses dua kali bekerja sama.

"Ashta percaya bahwa kolaborasi ini memiliki pasar tersendiri karena demografi Ashta yang dikelilingi oleh perkantoran dan residen. Selain itu, hadirnya BrightspotMRKT juga dipercaya Ashta dapat membantu pergerakan ekonomi khususnya bagi brand dan industry lokal," Jelas Frans.

Selain brand fashion, sejumlah brand kulier lokal juga turut serta di Brightspot Virtual City. (Foto: Instagram/@BrightspotMRKT)

Sati Rasuanto, CEO PT Indonesia Digital Identity (VIDA), menjelaskan bahwa pihaknya senang bisa bermitra dengan BrightspotMRKT dan berpartisipasi dalam talk show Going Hassle-free with Digital Signature untuk mendukung pertumuhan pasar kreatif, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Dalam era kenormalan baru saat ini, kebutuhan teknologi yang bisa mempermudah transaksi dan interaksi sehari-hari semakin meningkat. VIDA optimis acara ini bisa mendorong para pelaku industri kreatif dan UMKM untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, serta tetap memperhatikan masalah keamanan dan privasi informasi.

Lalu dalam Brightspot Virtual City 2020, Zacky Badrudin selaku CEO Visquares menyampaikan, bahwa isquares berperan dalam membangun kota, gedung, dan environment di dalam untuk memberikan pengalaman baru dalam sebuah virtual event untuk Brand Lokal dan para pengunjung.

Visquares melihat bahwa Brightspot Virtual City 2020 dapat menjadi contoh baik untuk event virtual lainnya di 2021 dan mendorong Brand Lokal untuk tetap bisa berkembang dan berpartisipasi dalam virtual event. (ryn)

Baca Juga:

Fashion Etis dan Sustainable Jadi Sorotan di ISEF 2020

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengenal Sifat si Kerbau yang Menguasai Tahun 2021
Fun
Mengenal Sifat si Kerbau yang Menguasai Tahun 2021

Shio Kerbau menjadi pemimpin sepanjang tahun ini.

Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021
Fun
Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021

2020 telah menjadi tahun yang sulit, tetapi seluruh bangsa berada di titik puncak perubahan.

Film Menyanyat Hati Persembahan dari Yura Yunita
ShowBiz
Film Menyanyat Hati Persembahan dari Yura Yunita

Film ini mengisahkan tentang seseorang yang mencoba berdamai dengan kenangan dan dirinya sendiri, serupa dengan ajakan dalam lagu Tenang.

Membahas Gaya Rambut Baru Jennie BLACKPINK di Video Musik "How You Like That"
ShowBiz
Membahas Gaya Rambut Baru Jennie BLACKPINK di Video Musik "How You Like That"

Gaya rambut yang digunakan Jennie BLACKPINK dijuluki dengan E-girl's hair style.

5 Kafe Dessert Terbaik di Jakarta, Cocok Buat Ngedate
Fun
5 Kafe Dessert Terbaik di Jakarta, Cocok Buat Ngedate

Selain Instagramable, harganya pun sangat terjangkau.

Elton John Siapkan Materi Kolaborasi Bersama Metallica
ShowBiz
Elton John Siapkan Materi Kolaborasi Bersama Metallica

Elton John mengungkapkan hal tersebut pada episode terbaru di acara Rocket Hour milik Apple Music Radio.

Deretan Oppa Berhati Emas di Drama Korea Favorit
ShowBiz
Deretan Oppa Berhati Emas di Drama Korea Favorit

Mereka selalu menunjukkan kebaikan hatinya.

Digandeng Apple, Lee Min-ho Bintangi Drama ‘Pachinko’
ShowBiz
Digandeng Apple, Lee Min-ho Bintangi Drama ‘Pachinko’

Lee Min-ho siap beradu akting dengan lima bintang lainnya.

Kenali Tanda Sistem Imun Tubuh yang Buruk
Fun
Kenali Tanda Sistem Imun Tubuh yang Buruk

Biasanya penyebab utama melemahnya antibodi tubuh adalah usia, namun itu bukan satu-satunya faktor.

Facebook Berjanji akan Hapus Hoaks Soal Vaksin COVID-19
Fun
Facebook Berjanji akan Hapus Hoaks Soal Vaksin COVID-19

Facebook telah berjanji untuk menghapus informasi yang salah tentang vaksin COVID-19, namun ...