Taufik Kurniawan Penuhi Panggilan KPK di Jumat Keramat, Langsung Ditahan? Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan memenuhi panggilan penyidik KPK, Jumat (2/11) pagi. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menyandang status tersangka itu diketahui sudah dua kali mangkir dari panggilan penyidik.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan pimpinan masih menunggu saran dari penyidik yang menangani kasus Taufik untuk mempertimbangkan langsung menahan usai diperiksa sebagai tersangka suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016.

"Pimpinan yang akan memutuskan guna mempercepat proses penyidikan langkah yang sebaiknya seperti apa," kata Saut saat dikonfirmasi, Jumat (2/11).

Menurut Saut pimpinan KPK memiliki pertimbangan tersendiri untuk memutuskan menahan pimpinan DPR dua periode itu usai menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka.

"Pimpinan tentu memiliki pertimbangan juga. Kita tunggu saja," imbuhnya.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Foto: DPR

Dalam kasus ini, Taufik ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016. Taufik diduga menerima Rp3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad.

KPK menetapkan Taufik sebagai tersangka suap terkait perolehan anggaran DAK Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN Perubahan tahun anggaran 2016. Taufik diduga membantu perolehan anggaran itu. Dia diduga menerima Rp3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad.

Setelah adanya penyerahan uang, dalam pengesahan APBN Perubahan tahun anggaran 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan sebesar Rp93,37 miliar. DAK itu direncanakan digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kebumen. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH