Taufik Hidayat Ditangkap Polisi Ilustrasi Densus 8

Merahputih.com - Densus 88 Antiteror menangkap terduga teroris bernama Taufik Hidayat di sebuah rumah di kawasan Bambu Larangan, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat 11 Oktober 2019.

Usai menangkap Taufik, Densus langsung melakukan penggeledahan di kediamannya. Taufik diketahui adalah kelompok media sosial yang mendukung ISIS atau Daulah. Dia berbaiat kepada Al Baghdadi bersama dengan kelompok Abu Zee.

Baca Juga:

Wiranto Diserang, Densus 88 Turun Tangan

"Taufik diduga mengetahui perencanaan aksi amaliyah Kelompok Abu Zee. Abu Zee sendiri sudah lebih dulu ditangkap di Bekasi. Dia adalah yang menikahkan penyerang Menko Polhukam Wiranto, Abu Rara dan Fitri Andriana," ujar Kabid Humas Polds Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, Sabtu (12/10).

Dari kediaman Taufik, densus mengamankan barang bukti seperti dua buah bendera, sebuah ikat kepala, dua buah topi, selembar foto pahlawan pembelas Islam, tujuh buah buku. Taufik masih diperiksa intensif Densus.

"Ada juga tiga buah bendel catatan, delapan kertas catatan ISIS, dan sebuah pisau lipat," kata Argo.

Pemasangan police line dekat rumah terduga teroris
Ilustrasi: Pemasangan police line dekat rumah terduga teroris (ANTARA FOTO)

Ia juga disebut sudah mengikuti pelatihan atau idad. "Mengikuti idad di taman dan lapangan sebuah perumahan," ujarnya

Lewat hasil pemeriksaan awal, diketahui TH masuk dalam kelompok media sosial yang mendukung ISIS. Selain itu, TH juga berbaiat kepada pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi.

Baca Juga:

Polwan Polda Malut Terpapar Radikalisme Lewati Solo Sebelum Dibekuk Densus

Argo mengatakan TH juga punya keterkaitan Fazri Pahlawan alias Abu Zee Ghuroba, pimpinan JAD Bekasi. "Diduga mengetahui perencanaan aksi amaliyah kelompok Abu Zee," ujarnya.

Abu Zee sendiri sudah ditangkap bersama tujuh orang lainnya pada Senin (23/9) di Bekasi. Satu orang kelompok Abu Zee ditangkap di Cilincing, Jakut. Sejumlah barang bukti ditemukan dalam penggeledahan ini. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH