Tato, Simbol Keberanian Yakuza Tato dalam Yakuza dianggap sebagai simbol keberanian. (Foto: pinterest)

BOS Yakuza Jepang, Shigeharu Shirai, yang telah belasan tahun menjadi buron akhirnya berhasil ditangkap. Tato menjadi gara-gara.

Ia terciduk di Thailand setelah foto tato Yakuza dan tangan dengan satu jari hilang menjadi viral. Tato memang menjadi salah satu identitas Yakuza.

Beda dengan Kids Jaman Now yang menganggap tato seni. Yakuza memakai tato sebagai simbol keberanian melawan rasa sakit saat tato dibuat.

(Foto: pinterest)

Dahulu mereka menggunakan metode tradisional Jepang, Irezumi, untuk membuat tato. Gambar tato Yakuza yang paling banyak adalah naga, pegunungan, dan perempuan.

Hingga saat ini stigma tato sebagai simbol keberanian Yakuza masih kuat di kalangan masyarakat Jepang. Sampai-sampai Wali Kota Osaka melarang pekerjanya menggunakan tato.

Ketika ada orang yang melanggar aturan tersebut, pilihannya ialah menghapus tato, keluar dari pekerjaan atau mencari pekerjaan lain di perusahaan swasta.

Uniknya, tato ala Yakuza itu disukai pula oleh orang-orang yang tak terlibat Yakuza. Bagi mereka, tato ala Yakuza itu keren. Mungkin, Anda juga termasuk salah satu pencinta tato yang meniru motif tato Yakuza. Hayo ngaku! (rin)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH