Tato? Kenapa Tidak? Baca Dahulu Sebelum Bertato!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 31 Juli 2018
Tato? Kenapa Tidak? Baca Dahulu Sebelum Bertato!
Memiliki tato harus menjaganya agar tetap awet cemerlang. (Foto: tattoosspot)

TATO sudah tidak dianggap berhubungan dengan dunia kriminal atau sejenisnya. Tato sudah dianggap sebagai bentuk seni dengan media kulit manusia. Ragam bentuknya sangat banyak, mulai dari yang realis hingga sekedar kata-kata.

Tato adalah keinginan orang hendak bertato dengan seniman tato yang berusaha menterjemahkan keinginan tersebut. Desainnya ketika ditorehkan di kulit menjadi sangat indah. Namun bertato tak semudah yang dilihat. Tapi tidak sulit pula untuk memilikinya.

Menurut Naomi Reed dari Frith Street Tattoo, jangan melihat tato sebagai tren. Tato lebih dari sekedar itu. Tato memang bisa dihilangkan dengan teknologi laser, jangan membuat tato kemudian menyesal.

tato
Tato sudah semakin luas diterima masyarakat. (Foto: viewy)

Laman fashionbeans membeberkan dunia tato;


DIY


DIY atau do it yourself tato kesannya lebih gahar. Pembuatannya tidak menggunakan mesin hanya jarum dan tinta yang dimasukan dalam lapisan kulit. Biasanya dilakukan oleh penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas). Meskipun demikian menurut Matt Adamson dari Kings Avenue Tattoo di New York, sebaiknya dilakukan oleh profesional. Sangat berbahaya jika dilakukan sendiri.


Tato Jepang

tato
Seni tato di Jepang sudah ada sejak 10 ribu tahun sebelum masehi. (Foto: cloakanddaggerlondon)

Desain tato Jepang, merupakan desain yang paling tua di dunia. Konon tato Jepang ini sudah ada 10 ribu tahun sebelum masehi. Adamson mengatakan kalau seniman tato pasti mempelajari seni tato Jepang sepanjang kariernya. Desain tato Jepang yang sempat tren di tahun 1990-an seperti lumba lumba dan tribal.


Tradisional

Tato tradisional bukanlah tren baru, sudah ada sejak orang-orang barat menjelajahi dunia baru melalui laut. Desainnya simple, jelas, rapih dan tahan lama. Tato tradisional ini cenderung populer di kalangan pecinta tato.


Dotwork

tato
Tato dotwork lebih detil. (Foto: Pinterest)

Jarum tunggal atau dotwork ini berbanding dengan tato tradisional yang memiliki garis-garis tebal. Sementara dotwork lebih menunjukan kemampuan si seniman menciptakan detil pekerjaannya dan menyatukan potongan-potongan yang rumit. Hasilnya seperti melukis memakai pensil tebal dengan bentukan bayangan-bayangan. Gambar yang dibuat sangatlah halus. Gaya ini cocok untuk mereka yang ingin memiliki tato pertama.

Hitam

Sesuai dengan namanya desain tato ini memakai tinta hitam sebagai unsur utamanya. Area yang dikerjakan biasanya besar sehingga menciptakan karya yang sangat jelas terlihat dan super simple. Sedangkan bagian yang kosong menyempurnakan hasil pekerjaan seniman tato.


Mencari Seniman Tato

tato
Seniman tato perlu membaca keinginan kliennya. (Foto: inspiration-lane)

Membuat tato bukan sekedar menggambar pada kulit. Lebih dari itu, membuat tato adalah komunikasi antara orang yang mau bertato dengan seniman tato. Setiap seniman memiliki kekhususannya, misalnya seniman yang spesialis tato realis tak bisa bagus membuat tato tradisional. Meskipun sebenarnya bisa saja tapi hasilnya tidak maksimal. Biasanya komunikasi ini yang jauh lebih lama ketimbang membuat tatonya.


Dengarkan Pendapat Tattoer

Seniman tato lebih tahu tentang tato dan seluk-beluknya. Mereka juga paham tentang kondisi kulit yang akan menua. Mereka akan menjelaskan kondisi tato sesuai dengan proses penuaan kulit. Tato pada awal pembuatan akan terlihat berbeda lima tahun kemudian. Seperti yang ditakan Reed, kalau tato berwarna terlihat bagus pada awalnya namun seiring dengan waktu bisa berubah menjadi kekacauan. Berbeda dengan yang hitam cenderung tetap awet.


Estetika

Terbaca bukan berarti harus terlihat seperti tulisan atau gambar pada kertas. Semuanya harus ditinjau dari sisi estetikanya. Sebaiknya berdiskusi dengan seniman tato mengenai gambar yang dibuat dari sebuah nama atau apapun itu. Ciptakan gambar yang memberikan arti yang dalam, bukan sekedar sebuah pernyataan yang kamu mau. Tato adalah seni.


Realistik

Meskipun tato sudah diterima dalam masyarakat sebagai seni, tapi bukan berarti permisif. Pada kondisi tertentu tidak membolehkan seseorang memperlihatkan tato bahkan memiliki tato. Misalnya dalam penerimaan pegawai pemerintah sipil maupun militer di Indonesia tidak diperbolehkan memiliki tato. Sementara di AD Amerika tidak memperbolehkan tato di seputaran leher, di bawah dengkul dan lengan. Jadi sebaiknya tidak mentato pada bagian lengan atau jari-jemari.


Waktu yang Tepat

Membuat tato sebenarnya tidak dapat dilakukan setiap saat bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Reed menyebutkan bahwa sinar matahari dapat merusak tato yang baru dibuat. Dalam proses penyembuhan ada baiknya menghindari banyak terkena air dan sinar matahari. Jadi sebaiknya membuat tato di saat musim lebih ramah, bila di daerah tropis tentunya bukan di musim kemarau. Sementara di belahan bumi dengan empat musim sebaiknya dilakukan pada musim dingin. Jangan lupa memakai pelindung dari terpaan sinar matahari.


Sakit?

tato
Tato tidak sakit hanya tidak nyaman. (Foto: rightstuff)

Sakit sebenarnya bukan yang dirasakan oleh orang yang ditato, tepatnya rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini disebabkan oleh jarum pada mesin tato. Jarum ini yang menghantarkan tinta ke dalam lapisan kulit dermis. Meskipun demikian Reed menyebutkan bahwa ada bagian di tubuh yang sangat menyakitkan ketika ditato. Seperti area torso tempat organ-organ tubuh yang memiliki lebih banyak simpul syaraf. Kemudian pada punggung, rusuk dan dada lebih lunak ketimbang tangan dan lengan. Minta istirahat pada seniman bila sangat sakit.


Merawat

Rawatlah tato dengan baik karena akan berada disitu sepanjang hidup kamu. Selalu bersihkan dan dalam kondisi kering. Ketika proses penyembuhan tato selesai, kamu selalu memberikan pelembab tapi jangan yang memiliki aroma.


Menghilangkan Tato

Sudah bosan dengan tato yang ada atau tidak suka dengan hasilnya. Saat ini teknologi penghilangan tato sudah berkembang. Laser mampu menghilangkan tato tersebut. Vanessa Charest dari London Real Skin mengatakan laser akan memasuki lapisan kulit dan menghancurkan tinta dalam partikel kecil. Kemudian darah putih akan membuang partikel tersebut melalui hati. Biaya yang diperlukan untuk menghilangkan tato lebih mahal daripada membuatnya. Ambil contoh saja untuk menghilangkan tato hitam ukuran menengah diperlukan 10 sesi. (psr)

#Seni Tato
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan