Tato 4:20 di Tangan Ello, Kode Pengguna Ganja Ello (Foto: Instagram/marcello_tahitoe)

TAMPAKNYA polisi sedang giat-giatnya memberantas narkoba hingga ke akar, dari pengguna hingga akhirnya nanti ke jaringan produsen dan pengedar. Kasus beruntun yang menimpa artis baru-baru ini pun menyadarkan masyarakat, bahwa barang haram ini masih populer dan jenisnya kian berkembang. Terakhir, giliran Marcello Tahitoe atau Ello yang ditangkap petugas, yakni setelah konsernya di Summarecon Mall Bekasi, Sabtu (5/8) malam.

Seperti diketahui, Ello ditangkap lantaran penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Penyanyi berusia 34 tahun ini dikabarkan telah menjadi pengguna ganja sejak lama. Warganet bahkan berspekulasi sang artis sering berada di bawah pengaruh daun yang menjadi simbol budaya hippies ini saat konser.

Terkait hal itu, warganet menghubung-hubungkannya dengan tato yang ada di tangan kanan Ello, bertuliskan 4:20. Meski Ello mengaku angka itu hanya karena ia menyukai jam 4.20 sore, di mana matahari tidak lagi panas, namun ternyata ada hal lebih dari sekadar jam. Angka itu menyimpan kode khusus terkait ganja.

ello konser
Ello saat konser di Tunjungan Plaza, Surabaya (Foto: Instagram: marcello_tahitoe)

Jam itu merupakan bagian dari sejarah penggunaan ganja yang bermula di San Rafael, California, Amerika Serikat. Lima sekawan, yang menamakan diri sebagai The Waldos (wall outside the school), menjadikan 4:20 sebagai waktu mereka bersantai sore menikmati ganja. Mereka membuat kode "4:20 Louis" sebagai petunjuk untuk bertemu pada jam 4.20 sore di bawah patung Louis Pasteur. Kode ini kemudian dipersingkat menjadi "4:20", atau dalam bentuk lainnya "420" dan "4/20".

Angka ini akhirnya menjalar dan menjadi kode merokok ganja di seluruh dunia, pada jam berapa pun (bukan hanya 4.20 sore). Selain itu angka ini dijadikan sebagai Hari Ganja Internasional, di mana para pengguna ganja akan bertemu di ruang publik pada 20 April jam 4.20 sore untuk melakukan protes. Topik yang mereka angkat tentunya terkait legalisasi ganja.

Semua pengguna aktif ganja biasanya sudah paham akan kode ini. Bahkan, 420 menjadi salah satu kode di kepolisian untuk memberi informasi jika ada kegiatan mengisap ganja yang sedang berlangsung. Jadi, apakah Ello sama sekali tidak tahu akan hal ini dan dengan polosnya membuat tato 4:20 pada tangan kanannya? Hanya Ello dan Tuhan yang tahu. (*)

Baca juga artikel terkait di sini: Kuasa Hukum: Ello Pengen Sembuh


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE