Tarik Ulur Kontrak Luis Milla, Gaji Selangit di Atas Pelatih Finalis Piala Dunia Luis Milla. (PSSI)

MerahPutih.Com - Posisi pelatih Timnas Senior Indonesia sampai sekarang masih tanda tanya. PSSI masih menarik ulur kepastian memperpanjang kontrak Luis Milla untuk terus membesut pasukan Garuda.

Kabar terakhir, Luis Milla batal datang ke Tanah Air untuk melanjutkan negosiasi dengan PSSI pada 9 Oktober silam. Meski beralasan tengah mengikuti kursus penyegaran lisensi UEFA Pro pada hari yang sama, tetapi perwakilan yang diklaim pelatih berpaspor Spanyol itu pun urung hadir.

Alotnya negosiasi gaji diduga kuat sebagai penyebab belum jelasnya kepastian Luis Milla terus membesut Timnas senior. Apalagi tingginya gaji yang diminta mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 belum berbanding lurus dengan prestasi yang diraih Merah Putih sampai saat ini.

Gaji Tertinggi di Asia Tenggara

milla
Luis Milla Aspas saat masih melatih Timnas Senior Indonesia. (Instagram Luis Milla).

Gaji Luis Milla memang tergolong tinggi untuk level pelatih Timnas negara di kawasan Asia Tenggara. PSSI sebelumnya wajib meronggok kocek dalam untuk mengupah Milla yang dibayar 160 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2,4 miliar sebulan.

Angka itu merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Gaji pelatih Timnas Thailand, Malaysia dan Vietnam saja jauh di bawah bayaran Milla.

Pelatih timnas Thailand asal Kroasia, Milovan Rajevac, berada di urutan kedua dengan kontrak 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar per bulan. Posisi ketiga diisi pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe dengan gaji bulanan 23 ribu dolar AS atau setara sekitar Rp 345 juta.

Bahkan, mantan bintang Korea Selatan Park Hang-seo yang dipercaya membesut Timnas Vietnam saja hanya dibayar sekitar 22 ribu dolar AS atau sekitar Rp300 juta rupiah, atau hampir 8 kali lipat lebih kecil daripada bayaran Milla melatih Timnas Indonesia.



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH