Diklatda Hipmi Jaya 2018

Tarik Minat Millenial, Pasar Tradisional Gaet Artis

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 13 April 2018
Tarik Minat Millenial, Pasar Tradisional Gaet Artis
Direktur Utama Pasar Jaya Arief Nasrudin hadiri acara Diklatda Hipmi Jaya 2018. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

PASAR tradisional amat identik dengan tempat belanja yang kotor, bau, dan becek. Namun kini, Anda bisa kesampingkan anggapan tersebut. Pasalnya, salah satu jaringan pasar tradisional terbesar di Jakarta, Pasar Jaya, telah mengubah semua anggapan tersebut.

Penampilan pasar tradisional yang kumuh telah disulap menjadi terawat dan bersih. Keadaan pasar tradisional yang layak membuat konsumen mulai kembali melirik pasar tradisional. Selain suasananya yang jauh lebih nyaman, pasar tradisional menawarkan harga yang jauh lebih bersahabat daripada pasar modern.

"Di pasar tradisional, bisnisnya bermodalkan trust. Praktik tersebut telah terjadi puluhan tahun dan tidak terjadi di pasar modern atau swasta," ucap Direktur Utama Pasar Jaya Arief Nasrudin saat ditemui di acara Diklatda Hipmi Jaya 2018 di Pacific Place, Jakarta.

Sayangnya, keberadaan pasar tradisional belum diterima seluruh lapisan masyarakat. Menurut Arief, generasi millenial masih enggan untuk berbelanja di pasar tradisional.

"Generasi muda malas berbelanja di pasar tradisional karena mereka berpikir pasar tradisional itu kotor, banyak preman, dan lain-lain. Padahal, kondisinya sekarang jauh berbeda," tutur Arief. Arief mengajak generasi muda untuk ikut serta menjadi bagian konsumen pasar tradisional.

Selain dapat memperbaiki perekonomian para pedagang kecil, Arief menilai banyak hal positif yang bisa didapatkan anak-anak muda yang berbelanja di pasar tradisional.

"Pasar tradisional tak hanya menawarkan bisnis menggiurkan. Ada sisi sosial yag sangat bermanfaat untuk memperluas jaringan," jelas Arief.

Salah satu langkah yang dilakukan Pasar Jaya untuk menarik minat anak muda ialah dengan mengaet sejumlah figur publik. Caranya, para figur publik diminta meng-update kegiatan berbelanja di pasar tradisional di media sosial mereka. Untuk itu, dalam waktu dekat, Pasar Jaya juga akan menggandeng seorang artis untuk menjadi brand ambassador Pasar Jaya.

"Nanti kami umumkan. Sekarang masih rahasia," tukasnya.(Avi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan