Tarif Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong Rp500 Ribu

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 10 Mei 2021
Tarif Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong Rp500 Ribu
Vaksinasi di Jakarta. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Pemerintah menetapkan harga vaksin untuk program vaksinasi gotong royong sebesar Rp375 ribu per dosis, dan biaya penyuntikannya Rp125 ribu per dosis.

"Sehingga total Rp 500 ribu," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers daring di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/5).

Baca Juga:

Polisi Gandeng Kelompok Pengusaha Vaksinasi Warga di Jakpus

Saat ini, ada dua merek vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong ini, yakni Sinopharm dan CanSino. Kedua merek vaksin ini diproduksi oleh dua perusahaan farmasi Tiongkok.

Untuk vaksin Sinopharm, pemerintah telah melakukan kontrak pengadaan sebanyak 7,5 juta dosis, dengan jumlah vaksin yang tersedia mencapai 500 ribu dosis. Sedangkan vaksin Cansino akan disiapkan 5 juta dosis.

"Tentunya vaksin gotong royong diharapkan sudah bisa dilaksanakan pada akhir Mei ini," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan kedua merek vaksin yang akan digunakan telah mendapat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Vaksinasi COVID-19. (Foto: Antara)
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Antara)

"Kemudian ini juga sudah peroleh sertifikasi, baik dari BPOM atau dari MUI," kata Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10/2021 tentang Vaksinasi Gotong Royong, biaya vaksinasi gotong royong ditanggung oleh badan hukum/badan usaha yang melaksanakan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga.

Dengan begitu, penerima Vaksin COVID-19 dalam pelayanan Vaksinasi Gotong Royong tidak dipungut bayaran atau gratis, seperti keterangan yang dilansir di situs resmi www.covid19.go.id. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Bantu Guru Alami Kelumpuhan Yang Sempat Diisukan Akibat Vaksinasi

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Harga Vaksin COVID-19 #Airlangga Hartarto #COVID-19
Bagikan
Bagikan