Tarif Masuk Ancol Tetap 25 Ribu Rupiah

MerahPutih Nasional- Kenaikan tarif masuk Ancol ataupun Dunia Fantasi (Dufan) dipastikan tidak akan berubah meski Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebutnya kemahalan. Tarif masuk Ancol sebesar Rp 25.000 itu ditujukan untuk peningkatan pelayanan pengunjung.

Direktur Resort dan Rekreasi PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Teuku Sahir mengatakan, tarif masuk ancol dan wahana lainnya yang ada di Ancol dinilai sudah sesuai dengan wahana dan fasilitas yang disajikan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol.

"Tarif tiket itu kan untuk meningkatkan pelayanan yang ada di Ancol. Artinya, biaya tiket sebesar itu akan kembali ke masyarakat juga," kata Teuku Sahir di Wahana Hello Kity, Dufan, Jumat (12/12/2014).

Teuku menjelaskan, dari biaya tiket masuk Ancol sebesar Rp 25.000 itu pihaknya terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan pengunjung. Seperti pada pembuatan wahana baru Hello Kitty Adventure yang sore tadi diluncurkan. Begitu juga dengan pembuatan pasir putih sepanjang 4 kilometer di bibir pantai Ancol.

"Kami tidak akan menurunkan tiket meski Gubernur menyebutnya kemahalan. Kami juga memastikan jika tidak akan menaikan tarif tiket pada tahun mendatang," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata yang hadir dalam acara peluncuran wahana Hello Kitty Adventure, Arief Yahya mengatakan, jika bukan hanya wahana buatan manusia seperti Ancol saja yang dianggap mahal, melainkan semuanya. Namun, dia tidak menjawab berapa tarif yang pantas dikenakan pada Ancol dan Dufan. Menurutnya, semua tarif yang mahal itu akan dibarengi dengan perbaikan infrastruktur.

"Kami sudah surati ke Kementrian PU dan perhubungan sejak dua minggu menjadi menteri. Selain itu kami juga memfokuskan untuk promosi wisata-wisata yang ada di Indonesia," tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama menyebutkan jika tarif tiket masuk Ancol mahal. Sehingga masyarakat yang berada dalam kelompok ekonomi menengah ke bawah kesulitan untuk masuk ke dalam Ancol tersebut.

"Bayangkan satu orang Rp 25.000, kalau dia bawa anak tiga, ibu dan bapak sudah habis Rp 125.000. Itu hanya tiket masuk saja loh," tegasnya.


Tags Artikel Ini

Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH