Tarif Fasilitas Wah Napi Koruptor Sukamiskin Termurah Rp200 Juta

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Minggu, 22 Juli 2018
Tarif Fasilitas Wah Napi Koruptor Sukamiskin Termurah Rp200 Juta
Fahmi Darmawansyah (kanan), tersangka kasus fasilitas mewah bagi napi koruptor di Lapas Sukamiskin. Foto:Antara

MerahPutih.com - Narapidana kasus koruptor yang ingin mendapatkan fasilitas mewah dalam sel narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, harus merogok kocek sekitar Rp200 juta sampai Rp500 juta.

"Dari informasi awal ada rentangnya, sekitar Rp200-500 juta," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat jumpa pers OTT Lapas Sukamiskin di Gedung KPK, Jakarta, semalam.

laode dan saut
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kiri) dan Saut Situmorang (kanan) menunjukkan barang bukti dalam jumpa pers OTT Kalapas Sukamiskin. Foto: MP/Asropih

KPK baru saja menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap pemberian fasilitas, pemberian perizinan ataupun pemberian lainnya di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Sukamiskin Bandung.

Empat tersangka itu Kalapas Sukamiskin sejak Maret 2018 Wahid Husein (WH), Hendry Saputra (HND) yang merupakan staf Wahid Husein, narapidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah (FD), dan Andri Rahmat (AR) yang merupakan narapidana kasus pidana umum/tahanan pendamping (tamping) dari Fahmi Darmawansyah.

"Per kamar Rp200 juta sampai 500 juta seperti itu. Jadi, untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu. Apakah memang fasilitas seperti itu ada banyak di dalam Lapas Sukamiskin, kami masih akan melakukan pendalaman dan memeriksa lebih lanjut," ungkap Laode.

Lapas Sukamiskin Bandung
Lapas Sukamiskin Bandung. Foto: Foto: Dok Kanwil Kemenkumham Jabar

Dalam konferensi pers itu, dilansir Antara, KPK juga menampilkan video yang menunjukkan salah satu sel atau kamar di Lapas Sukamiskin dari terpidana korupsi Fahmi Darmawansyah, suami dari artis Inneke Koesherawati.

Dalam kamar Fahmi terlihat berbagai fasilitas seperti pendingin udara (AC), televisi, rak buku, lemari, wastafel, kamar mandi lengkap dengan toilet duduk dan mesin pemanas air, kulkas, dan kasur pegas. (*)

#Ott Kpk #Lapas Sukamiskin
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan