Tarian Tradisional Jaipong

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 23 April 2016
Tarian Tradisional Jaipong
Tangerang, (22/4) Merahputih.com / Rizki Fitrianto.

MerahPutih Budaya - Jaipong merupakan sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Karawang,Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia.

Jaipongan terlahir melalui proses kreatif dari tangan dingin H Suanda sekitar tahun 1976 di Karawang, jaipongan merupakan garapan yang menggabungkan beberapa elemen seni tradisi karawang seperti pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain.

Jaipongan di karawang pesat pertumbuhannya di mulai tahun 1976, di tandai dengan munculnya rekaman jaipongan SUANDA GROUP dengan instrument sederhana yang terdiri dari gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden atau juru kawih.

http://server1.merahpoetih.com/gallery/public/2016/04/22/hTPMYHzaBC1461334774.jpg

Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari "Daun Pulus Keser Bojong" dan "Rendeng Bojong" yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri). Dari tarian itu muncul beberapa nama penari Jaipongan yang handal seperti Tati Saleh, Yeti Mamat, Eli Somali, dan Pepen Dedi Kurniadi. Awal kemunculan tarian tersebut sempat menjadi perbincangan, yang isu sentralnya adalah gerakan yang erotis dan vulgar.

Namun dari ekspos beberapa media cetak, nama Gugum Gumbira mulai dikenal masyarakat, apalagi setelah tari Jaipongan pada tahun 1980 dipentaskan di TVRI stasiun pusat Jakarta. Dampak dari kepopuleran tersebut lebih meningkatkan frekuensi pertunjukan, baik di media televisi, hajatan maupun perayaan-perayaan yang diselenggarakan oleh pihak swasta dan pemerintah.

Kehadiran Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para penggiat seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang perhatian.

Seiring berkembangnya waktu ternyata tari jaipong masih sangat diminati oleh masyarakat, hal itu terlihat dalam acara Festival Silat dan Permainan Tradisional Kota Tangerang, Jumat (22/4) kemarin yang menampilkan Tari Jaipong untuk menambah kemeriahan acara tersebut.

http://server2.merahpoetih.com/gallery/public/2016/04/22/45AxdezY3o1461334774.jpg

Menariknya lagi ternyata wanita yang menari jaipong tersebut merupakan gadis yang terbilang masih muda. Elis Tiana (21) seorang mahasiswi yang memiliki bakat dan ketertarikan terhadap seni tari Jaipong Jawa Barat sejak usia 4 tahun itu, mulai belajar menari Jaipong dari ibundanya yang juga berbakat dalam menari Jaipong.

Elis yang berkomentar positif tentang acara Festival Silat dan Permainan Tradisional Kota Tangerang itu dan mengaku sangat tertarik akan pelestarian budaya serta permainan tradisional yang kini sudah jarang dijumpai.

BACA JUGA:

  1. Kemeriahan Festival Silat dan Permainan Tradisional Kota Tangerang
  2. Tradisi Palang Pintu Betawi
  3. Festival Silat dan Permainan Tradisional Kota Tangerang
  4. 5 Permainan Anak Tradisional di Pacitan
  5. Indahnya Musik Tradisional dalam Lagu Jawa Tengah Gambang Suling

 

#Budaya Jawa Barat #Tari Tradisional Sunda #Tari Jaipong
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan