Target Lampaui Medali di Filipina, FORKI Undang Latih Tanding Karateka Asing

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 05 April 2022
Target Lampaui Medali di Filipina, FORKI Undang Latih Tanding Karateka Asing
Ilustrasi latih tanding kejuaraan karate. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

MerahPutih.com - Persiapan atlet Indonesia menghadapi SEA Games ke-31 di Vietnam, 12-23 Mei mendatang tidak terhalangi, meskipun menjalani ibadah puasa bulan Ramadan. Bahkan, latihan serius terus dilakukan termasuk Tim nasional karate dalam waktu sisa dua bulan lagi sebelum SEA Games digelar.

Dalam sisa waktu itu, Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) akan mengundang atlet dari luar negeri untuk berlatih bersama para karateka yang akan berangkat ke Vietnam.

Baca Juga:

Karateka Peraih 12 Medali Emas SEA Games Dipecat sebagai ASN

"FORKI akan mengundang atlet dari luar negeri untuk berlatih dan uji tanding bersama kami. Rencananya akan ada empat karateka dari Kazakhstan yang akan datang untuk berlatih sebagai bagian dari persiapan menuju SEA Games," ungkap Pelatih Tim Karateka Indonesia Idris Taher Gusti, dikutip Selasa (5/4).

Idris juga memastikan kondisi para atlet terus meningkat dan diharapkan bisa mencapai puncaknya di Vietnam. Tim nasional karate yang beranggotakan 19 atlet berambisi memperbaiki penampilan di Filipina tiga tahun lalu saat merebut dua medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

"Saat ini mereka dalam kondisi 80 persen dan Insya Allah bisa 100 persen dan tampil all-out di Vietnam. Sebagian besar merupakan tim dari tahun lalu dengan beberapa tambahan juara PON. Jadi kami tinggal melanjutkan program latihan dengan perbaikan di sisi teknik, cara bermain, taktik, dan strategi," papar Idris.

Logo Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Foto: Dok NOC Indonesia

Ofisial Tim Indonesia dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga berkesempatan melihat latihan tim karate. Olimpian Richard Sam Bera yang akan menjadi manajer kluster memuji daya tahan para atlet yang tetap berlatih meski sedang berpuasa.

"Kami mengunjungi pelatnas fin swimming dan karate dalam persiapan menuju Vietnam. Mereka dalam keadaan baik. Memang ada beberapa kendala. Saat ini bulan Ramadan tapi beberapa atlet masih tetap menjalankan ibadah puasa. Itu yang perlu kami dukung supaya mereka dapat mencapai kondisi dan prestasi puncak di Hanoi pada bulan Mei mendatang," ujar Richard. (*)

Baca Juga:

NOC Indonesia Didorong Kembangkan Pendekatan Industri Olahraga

#SEA Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan