Target JPM Tanahabang Kelar 15 Oktober, Sekarang Baru Pasang Kerangka Baja

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 30 Agustus 2018
Target JPM Tanahabang Kelar 15 Oktober, Sekarang Baru Pasang Kerangka Baja
Kerangka baja Proyek Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanahabang. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanahabang sudah memasuki minggu ketiga. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pembangunan Sarana Jaya kini tengah memasang rangkaian kerangka baja di Jalan Jatibaru Raya.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan berharap pembangunan JPM Tanah Abang ini akan selesai tepat waktu.

"Kalau kita lihat dari kondisi sekarang, semoga sesuai dengan target 15 Oktober 2018 sudah dapat digunakan," kata Yoory C di Kantor PD Pembangunan Sarana Jaya, Jakata Pusat, pada Kamis (30/8).

Kemacetan, hiruk-pikuk porter dengan troli serta pedagang kaki lima (PKL) yang memenuhi sudut jalan lingkar Pasar Tanah Abang masih menjadi permasalah klasik yang belum terselesaikan.

Adapun sejumlah pondasi tiang baja mulai dipasang di sepanjang Jalan Jatibaru Raya. Kerangka jembatan yang terpasang kurang lebih sepanjang 72 meter dengan tinggi 13 meter.

Menurut Yoory, proses pengecoran Jalan Jatibaru Raya telah sampai bagian tengah dengan diberi tanda B12, sedangan untuk sisi Timur diberi tanda B3 dan Barat diberi tanda B8.

"Untuk pengerjaan struktur bawah zona A sudah 100 persen selesai dikerjakan, dan sekarang pengerjaan struktur atas meliputi pemasangan rangka baja dan pemasangan plat beton," jelasnya.

Yoory juga menjelaskan, dengan menggunakan sistem knock down, kerangka dan struktur baja dapat dibongkar pasang di lokasi proyek, sehingga diusahakan tidak menganggu aktivitas masyarakat.

Seperti diketahui sebelumnya, material kerangka pembangunan JPM Tanah Abang sebesar 80 persen dikerjakan di dua pabrik, yaitu PT Nikko Steel (terletak di Jalan Panongan No. 3, Kec. Panongan, Kel. Mekar Bakti, Tangerang) dan PT Spanbentondek Admara (terletak di Jalan Raya Serang, Kel. Bitung Raya, Kec. Cikupa, Tangerang). (Asp)

#Tanah Abang
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan