Tarawih Pertama di Tengah COVID-19, Ribuan Jemaah Tetap Padati Masjid di Aceh

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 24 April 2020
Tarawih Pertama di Tengah COVID-19, Ribuan Jemaah Tetap Padati Masjid di Aceh
Umat Islam melaksanakan ibadah salat Tarawih malam pertama tanpa pembatasan jarak di Masjid Islamic, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (23/4/2020) malam. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.

MerahPutih.com - Sejumlah masjid tetap menggelar salat tarawih berjamaah di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Kondisiini dapat ditemui di sejumlah daerah di Aceh.

Pengamatan di sejumlah masjid di Kota Banda Aceh, Kamis (24/4) malam, pelaksanaan salat tarawih berjamaah tetap berlangsung seperti biasa. Saf jamaah shalat tetap rapat, tidak ada penerapan jarak antara satu jamaah dengan jamaah lainnya.

Baca Juga:

Menag Keluarkan Edaran Tawarih di Rumah dan Salat Id Berjamaah Ditiadakan

Begitu juga di Masjid Raya Baiturrahman, tetap dipadati jamaah salat tarawih malam pertama Ramadhan 1441 Hijiriah. Namun dilansir Antara, pengurus masjid membagikan masker kepada jamaah sebelum salat berlangsung.

Hanya saja, jika dibandingkan jamaah shalat tarawih malam pertama tahun sebelum, jauh berbeda. Jamaah salat tarawih tahun ini tidak sampai memadati pelataran yang ada di sisi utara dan selatan Masjid Raya Baiturrahman.

aceh
ANTARA FOTO/Rahmad/aww.

Jamaah hanya padat di bangunan utama Masjid Raya Baiturrahman. Tidak ada jamaah di pelataran utara dan selatan masjid. Sebanyak 12 payung di dua sisi pelataran tersebut dalam kondisi berbuka.

Imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Prof Tgk H Azman mengatakan pelaksanaan salat tarawih tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami minta jamaah membawa sajadah karena kami tidak membentang karpet. Kepada mereka yang sakit dianjurkan tidak mengikuti salat berjamaah," kata Prof Tgk H Azman.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Tiadakan Salat Tarawih

Ribuan umat muslim di Kabupaten Aceh Barat juga tetap melaksanakan salat tarawih berjamaah seperti tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat memadati masjid-masjid yang berada di pusat ibu kota kabupaten hingga ke setiap desa di daerah ini.

“Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah salat tarawih di Kabupaten Aceh Barat berjalan lancar. Banyak masyarakat yang beribadah,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa di Meulaboh, Kamis malam.

tarawih
Umat Islam melaksanakan ibadah salat Tarawih malam pertama tanpa pembatasan jarak di Masjid Islamic, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (23/4/2020) malam. Kendati pemerintah setempat telah mengeluarkan instruksi pengaturan shaf posisi jarak jamaah ke kiri dan kanan sejauh 50 cm dan shaf depan dan belakang sejauh 140 cm dan mewajibkan pakai masker serta mencuci tangan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, tapi pelaksanaan tarawih tanpa physical distancing tetap berlangsung. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.

Namun khusus bagi masjid yang berada di kawasan lintasan jalan provinsi, sebelum melaksanakan ibadah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih nyaman dalam beribadah.

Meski masih terdapat perbedaan dalam memulai pelaksanaan ibadah tarawih di Kabupaten Aceh Barat, pemerintah daerah berharap umat muslim di daerah ini tetap bersatu dan tidak terpecah belah, katanya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membatasi waktu pelaksanaan ibadah salat tarawih bulan suci Ramahan 1441 Hijriyah di setiap masjid di daerah ini paling lama hingga pukul 22.00 WIB malam. (*)

Baca Juga:

Pastikan Tak ada Tarawih dan Bukber, Gerbang Istiqlal Tutup Selama Ramadan

#Tarawih #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan