Tape Storage 400 Terabyte, Mampu Kalahkan Hardisk di Masa Depan? Fujifilm akan ulik tape storage untuk mendapatkan muatan hingga 400 Terabyte (Foto: Anandtech)

PERUSAHAAN yang masih menggarap storage berbasis pita ini mengklaim teknologinya di masa depan makin canggih. Perusahaan ini akan membuat sebuah tape storage berkapasitas 400 Terabyte per pitanya. Besar banget sih, tapi bagaimana bisa?

Dilansir dari laman Gizmodo, tape storage yang sedang digarap oleh Fujifilm ini akan dibuat dengan bahan dasar Strontium Ferrite. Senyawa pada bahan dasar tersebut akan membuat area pada pita mendapatkan kepadatan yang memiliki data density hingga 224 Gigabit per incinya.

Baca juga:

Seberapa Banyak Kebutuhan Storage Kamu? Kecil? Besar?

Ini artinya storage tersebut bisa mendapatkan kapasitas hingga lebih dari 400 Terabyte. IBM dan Sony juga telah menguji tape storage di tahun 2017, meski hanya mendapatkan data density hingga 201 Gigabit per inci.

Sebelumnya, Fujifilm telah menerapkan senyawa Barium Ferrite. Namun senyawa Barium tersebut memiliki volume yang lebih besar daripada Stronium, sehingga membuat tape storage mendapatkan data density yang lebih kecil.

Tape storage Fujifilm berbahan dasar Barium Ferrite (Foto: Gizmodo)

Untuk tahun 2020, tape Storage LTO-9 telah mendapatkan kapasitas hingga 12 Terabyte dengan kecepatan baca dan tulis hingga 360 Megabyte per detik, tetapi pita yang digunakan tersebut masih berbahan dasar Barium Ferrite.

Baca juga:

Pertama di Dunia! Micron dan Sandisk Keluarkan MicroSD dengan Kapasitas 1TB

Fujifilm akan menerapkan Stronium Ferrite di tahun 2022, dengan harapan untuk mendapatkan tape storage LTO-10 sebesar 48 Terabyte berkecepatan hingga 1.1 Gigabyte per detik.

Rencana Fujifilm untuk mendapatkan tape storage berkapasitas tinggi (Foto: Anandtech)

Jika menggunakan Stronium Ferrite berhasil, perusahaan tersebut akan melanjutkan untuk membuat tape storage LTO-13 dengan kapasitas hingga 400 Terabyte dan kecepatan baca lebih dari 2.4 Gigabyte per detik pada tahun 2030 nanti.

Namun tape storage bukanlah sebuah storage yang cocok untuk digunakan sebagai sistem operasi, karena kecepatan baca yang masih bisa dikalahkan oleh solid state drive. Tape storage lebih pas digunakan untuk menyimpan sesuatu yang berkapasitas besar, seperti kumpulan video sinematografi mentah atau berbagai proyek yang membutuhkan kapasitas besar. (dnz)

Baca juga:

Gowes Makin Kece dengan 3 Wireless Earbuds Terbaik 2020


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH