Tanya Jawab Bersama Go Dok Seputar Diet Ilustrasi. (Foto: pixabay)

BAGI para perempuan, langsing menjadi salah satu hal yang didambakan. Berbagai program diet pun kerap dilakukan agar bisa memiliki tubuh seksi bak gitar Spanyol, mulai dari diet atjins, diet zona hingga diet ketogenik.

Nah, belum lama ini Merahputih.com mengadakan live chat bersama dr. Priscilla Johanna dari Go Dok seputar diet sehat di media sosial Facebook.

Enggak usah berlama-lama. Berikut rangkuman dari live chat bersama dr. Priscilla Johanna dari Go Dok.

1. Ngomong-ngomong soal diet, pasca melahirkan badan pasti lebih lebar. Apa sih diet yang tepat untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula?

Kalau mau terlihat langsing pastinya olahraga. Selanjutnya, diet boleh tapi jangan terlalu ketat. Saya sarankan sih membatasi asupan karbohidrat, asupan lemak dan juga perbanyak asupan protein. Karena protein itu bisa membangun masa otot di tubuh kita, perbanyak juga makan sayur. Selama itu seimbang pasti bisa balik lagi kebentuk semula.

2. Tadi dokter sempat menyinggung perbanyak makan buah dan sayur. Banyak juga yang emang hanya mengkonsumsi sayur dan buah aja atau biasa disebut vegetarian. Sebenernya itu baik enggak sih buat tubuh?

Sebenernya gini, kalau diet itu kita harus tetep inget yang namanya asupan nutrisi dan keseimbangan gizi. Kalau cuma makan buah sama sayur tubuh kita dapat asupan protein dari mana? Dapat asupan lemak dari mana? Sedangkan tubuh punya mekanisme pemecahan. Jadi kalau kita cuma makan buah sama sayur, sebenernya enggak masalah, tapi alangkah baiknya tetap makan yang mengandung protein dan lemak meskipun dibatasi.

3. Untuk porsinya bagaimana?

Jadi kalau mau bener-bener mengikiti ilmu gizi itu ada ukurannya. Misalnya mau diet, pagi makan 1 butir telur sama satu buah pisang. Siangnya boleh nih makan setengah nasi merah, sepotong daging yang kecil terus semangkuk sayur, terus beberapa jam kemudian diselingi buah. jadi karbohidratnya ada, proteinnya ada, lemaknya ada, vitamin dan mineralnya lengkap. kalian kenyang tapi tetep diet.

4. Boleh enggak kita melupakan sarapan dan langsung makan siang saat diet?

Sarapan itu penting. tubuh kita itu punya energi untuk bekerja. Kalau misalnya enggak ada yang dibakar, enggak ada yang bisa diubah jadi energi tubuh kita mau membakar apa? yang ada malah lemes, ngantuk. Tubuh itu kalau udah punya mekanisme sampai titik kelaparan bisa sampai kena mag, bahkan sampai bisa lambungnya bolong.

Kalau bingung nih sarapannya apa? saya kasih saran dua roti gandum, pakai satu butir telur dan susu low fat. Berukutnya kalau kalian doyan oatmeal bisa dicampur buah buahan atau oatmeal dicampur yogurd, itu lebih sehat.

5. Sekarang kan lagi booming diet keto. Menurut dokter diet keto itu baik enggak sih buat kesehatan?

Saya jelasin dulu sedikit diet keto itu berasal dari kata ketosis dimana tubuh itu memecah asam keton. Nah dalam diet ini kalian akan membatasi asupan karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak juga protein.

Dari sisi kesehatannya balik lagi pasti ada unsur yang kurang, salah satunya adalah karbohidrat. Kalau dari sudut pandang saya agak berbahaya apalagi bagi orang berkolesterol tinggi, hipertensi karena diet keto ini mengharuskan memperbanyak makan lemak dan protein. Jadi semua kembali ke tubuh masing-masing, kalau mau diet ini harus konsultasi dulu ke dokter.

6. Kalau lagi hamil boleh diet enggak?

Dokter pasti enggak akan saranin diet kalau lagi hamil. Kalaupun ada yang saranin pasti punya alasan misal hipertensi, kencing manis atau diabetes. Mungkin dokter akan menyarankan untuk mengurangi gula atau garam. Tapi dietnya bukan diet ketat seperti para remaja yang mau melangsungkan badan.

Saran saya kalau lagi hamil enggak usah diet, karena janin kita butuh asupan gizi dan pembentukan bayi itu sangat berpengaruh dari asupan yang masuk.

7. Kalau lagi diet paling malem itu makan jam berapa?

Sebenernya kalau patokan itu disarankan sebelum jam 7 malam. Karena jam 9 malam atau jam 10 malam kita biasanya udah tidur. Agar tubuh itu bisa mencerna makanan terlebih dulu. Kalau mau diet lebih awal jam 5 atau jam 6

8. Ada anggapan sehabis makan harus berdiri? bener enggak?

Makanan itu punya mekanisme sendiri untuk mencerna. Tapi kalau dari segi medis kita enggak mengaggap hal itu serius.

Sahabat MerahPutih, itulah sedikit pertanyaan yang dirangkum menjadi artikel. Kalau mau lengkap Kalian bisa tonton videonya di bawah ini.

Diet Sehat & Enak ala dr. Priscilla Johanna #MPxGoDok

Dikirim oleh merahputih.com pada 11 April 2018


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH