Film

Tantangan Rizal Mantovani Garap Mumun dari Sinetron ke Film

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 27 Agustus 2022
Tantangan Rizal Mantovani Garap Mumun dari Sinetron ke Film
Diadaptasi dari sinetron berjudul Jadi Pocong. (Foto: Instagram@mandra_ys)

FILM Mumun merupakan adaptasi sinetron hit 2000-an berjudul Jadi Pocong dan digarap oleh sutradara Rizal Mantovani. Ia mengaku tidak begitu kesulitan saat mengadaptasi sinetron tersebut karena saat mendapatkan proyek itu, naskahnya sudah dibuat dengan baik oleh tim.

"Untungnya, saya enggak masuk ke tim cerita. Saya udah dapet dari mereka, kan ada tim ada script writer-nya juga. Saya bilang mereka sangat bagus menjadikan semua cerita dalam sinetron itu jadi cerita yang dua jam selesai," kata Rizal, dilansir ANTARA, Kamis (25/8).

Selain itu, Rizal juga bercerita bahwa para pemain, termasuk Acha Septriasa yang merupakan pemeran utama, merupakan aktor yang sangat baik, sehingga membuat pekerjaannya menjadi lebih mudah.

Baca juga:

Serial 'Jadi Pocong' Diadaptasi ke Film

Menurut Rizal, Acha sangat profesional sehingga ia mampu mengeksplorasi karakternya dengan baik dan selalu berkontribusi mengeluarkan pendapatnya mengenai karakternya itu.

"Pertanyaan-pertanyaan yang saya enggak pikir ada itu ada. Kayak 'Mas Rizal, kalau Mimin begini bukannya nanti Mumunnya begini?'. Akhirnya kita ngomong sama penulis," tutur Rizal.

"Acha sedemikian kuatnya dalam masuk ke dalam karakter sehingga dia mempertanyakan pertanyaan yang akhirnya kita ubah script, karena memang agak salah kalau karakternya begini dia enggak melakukan itu," lanjutnya.

Baca juga:

Trailer Kedua Film 'Mumun' Rilis, Siap Menghantui 1 September

Tantangan Rizal Mantovani Garap 'Mumun' dari Sinetron ke Film
Mandra turut membintangi film Mumun. (Foto: Youtube@Cinepolis Indonesia)

Jadi Pocong merupakan sinetron populer karya Mandra yang tayang pada 2000-an. Agar tetap relevan dengan penonton zaman sekarang, Rizal pun menjadikan Mumun menjadi lebih modern daripada versi sinetronnya.

"Ceritanya tetap, intinya tetap, karakternya sama. Tapi saya coba membawa ini dari 20 tahun lalu ke era sekarang. Contohnya, ada pinjaman online, itu kan sesuatu yang sangat baru, tidak ada zaman dulu. Kami berpikir harus ada sesuatu yang masyarakat sekarang rasakan," ujar Rizal.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan untuk membuat sekuel dari film Mumun, Rizal mengatakan ia masih belum mengetahui hal tersebut dan masih akan melihat rencana dari Dee Company selaku rumah produksi.

"Saya belum tahu. Ini memang open ending ya, tapi saya kurang tahu, saya belum tahu rencana Pak Dheeraj (produser)," tutupnya. (and)

Baca juga:

4 Sinetron Horor Lawas yang Bisa Bikin Kamu tak Bisa Tidur

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan