Bisnis
Tantangan dalam Pemulihan Agro-Food di Masa Pandemi Sektor agri-food hadapi tantangan untuk pulih selama pandemi. (foto: unsplash/markus spiske)

KETIKA pandemi meruntuhkan berbagai bidang, sektor pangan berbasi pertanian (agri-food) masih bertahan. Sepanjang 2019, sektor itu bahkan menyumbang sepertiga dari total PDB Indonesia.

Meski demikian, laporan terbaru dari Oxford Economics , seperti dilansir ANTARA (27/5), mengungkap meskipun pontesial menjadi penggerak utama pemulihan ekonomi pascapademi, di saat yang sama sektor ini paling rentan terhadap gangguan-gangguan di kawasan Asia Tenggara.

Gangguan itu meliputi risiko penawaran dan permintaan, risiko kebijakan fiskal, serta pandemi yang tak kunjung usai.

BACA JUGA:

Indonesia Jadi Founding Member Global Blockchain Forum

Dalam laporan The Economic Impact of Agri-Food Sector in South East Asia mengenai tantangan dan dampak ekonomi dari sektor agri-food pada 2020, yang diinisiasi Food Industry Asia (FIA) menyebutkan pada 2019, sektor agri-food di Indonesia memberikan kontribusi PDB sebesar USD 374 miliar. Pemasukan itu didorong lanskap pertanian nan luas. Hal itu berkontribusi cukup besar terhadap pendapatan nasional dan lapangan pekerjaan.

Sektor itu mewujudkan separuh dari keseluruhan tenaga kerja dengan 63,4 juta lapangan pekerjaan. Capaian itu menjadikannya penghasil lapangan pekerjaan terpenting dalam perekonomian negara. Sektor tersebut juga telah menyumbang total pendapatan pajak sebesar USD 42,7 miliar.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa sektor agri-food tetap bertahan selama pandemi COVID-19. Pada 2020, sektor itu bahkan mencatatkan pertumbuhan 2 persen. Pertumbuhan itu berarti peningkatan terhadap kontribusi PDB sebesar USD 8,2 miliar.

Namun, di balik potensi besar sebagai penggerak ekonomi, sektor ini diperkirakan akan menghadapi beberapa tantangan selama masa pemulihan ekonomi.

agri-food
Sektor agri-food potensial jadi penggerak ekonomi di masa pandemi. (foto: unsplash/randy fath)

Matriks dari laporan Economic Recovery menempatkan Indonesia dalam risiko pemulihan tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Hal itu melihat bagaimana Indonesia sangat bergantung kepada sektor pariwisata untuk memulihkan kembali industri pangan.

Dalam menanggapi temuan tersebut, Ketua Umum GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman) Adhi Siswaya Lukman mengatakan sektor pariwisata berkontribusi terhadap 8,8 persen dari total konsumsi pangan di Indonesia.

Namun, mengingat pariwisata internasional masih terus dikelilingi oleh ketidakpastian, industri agri-food perlu bekerja sama dengan pemerintah untuk mengidentifikasi cara-cara lain agar mampu berkembang di era kenormalan baru saat ini.

“Laporan ini menunjukkan adanya kinerja yang kuat dari industri agri food serta betapa pentingnya sektor ini dalam mendorong pergerakan ekonomi nasional. Akan tetapi, laporan ini juga menunjukkan bagaimana Indonesia menghadapi risiko pemulihan tertinggi di Asia Tenggara, dengan defisit fiskal yang terus memburuk yang dapat berpotensi menciptakan tekanan biaya pada rantai pasokan makanan, sehingga pada akhirnya dapat berdampak pada sektor pangan nasional,” ujarnya.

agriculture
Perlu pemahaman lanskap risiko untuk bisa memajukan sektor agri-food. (foto: nilotpal-kalita/unsplash)

Direktur Eksekutif FIA Matt Kovac mengatakan butuh pemahaman lanskap risiko saat ini dan yang akan datang sebelum menerapkan langkah-langkah nyata untuk menghidupkan kembali ekonomi pasca-COVID-19. Ia menekankan pentingnya bagi para pembuat kebijakan untuk menyadari dan mengatasi risiko-risiko tersebut, mengingat besarnya skala kontribusi sektor ini terhadap lapangan pekerjaan dan PDB Indonesia. “Dengan adanya tantangan besar yang diproyeksikan untuk 2021, sangatlah penting bagi Indonesia untuk tetap memperhatikan hal ini dengan berbagai kebijakan yang dapat berdampak pada industrinya," kata Kovac.

Sementara itu, Direktur Economic Consulting Asia untuk Oxford Economics James Lambert menyampaikan penting bagi para pembuat kebijakan untuk menciptakan kondisi yang paling kondusif bagi industri agri-food agar dapat berdiri kembali.

Penyesuaian fiskal dapat mencakup pengurangan pengeluaran publik atau peningkatan pendapatan pajak. Hal itu dapat menimbulkan risiko bagi pemulihan sektor agri-food Indonesia, yang bahkan dapat berimbas pada ekonomi nasional yang lebih luas.(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Pendaki Gunung Everest Cetak Rekor Baru
Hiburan & Gaya Hidup
3 Pendaki Gunung Everest Cetak Rekor Baru

Ketiganya tidak berencana membuat rekor.

4 Mahasiswa UK Petra, Survive Bosan Berujung Juara Nasional
Fun
4 Mahasiswa UK Petra, Survive Bosan Berujung Juara Nasional

Niat hanya berusaha bertahan dari kebosanan di masa pandemi, kreativitas mereka mendapat penghargaan.

Pentingnya Bangun Pagi Untuk Kesehatan Mental
Fun
Pentingnya Bangun Pagi Untuk Kesehatan Mental

Yuk kenali berbagai manfaat bangun pagi untuk kesehatan mental

Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing
Fun
Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing

kucing tidak dapat menularkan virus COVID-19 kepada manusia secara langsung.

The Brandals Rayakan Perilisan Single ‘Belum Padam’ dengan Virtual Showcase
ShowBiz
The Brandals Rayakan Perilisan Single ‘Belum Padam’ dengan Virtual Showcase

Perilisan karya terbaru mereka dirayakan dalam sebuah live virtual showcase yang ditayangkan secara gratis melalui YouTube.

3 Makeover di Drama Korea Paling Berkesan
Fun
3 Makeover di Drama Korea Paling Berkesan

Drakor sering menampilkan makeover.

Goethe Institut Berkolaborasi dengan Museum Dunia untuk Hadirkan Pameran Seni
Fun
Goethe Institut Berkolaborasi dengan Museum Dunia untuk Hadirkan Pameran Seni

Pameran tersebut akan disiarkan di Youtube dan Facebook.

Netflix Prediksi akan Capai 200 Juta Pelanggan di 2020
ShowBiz
Netflix Prediksi akan Capai 200 Juta Pelanggan di 2020

Netflix memprediksi di kuartal 4 tahun ini bisa meraih total 200 juta pelanggan dari seluruh dunia.

Tips Berlibur Lebaran Aman di Masa Pandemi COVID-19
Fun
Tips Berlibur Lebaran Aman di Masa Pandemi COVID-19

Sebelum berlibur lebaran di saat Pandemi, kenali dulu beberapa tips agar liburan aman

Perusahaan Inggris Jual Udara dalam Botol
Fun
Perusahaan Inggris Jual Udara dalam Botol

Sebuah perusahaan asal Inggris bernama My Baggage menjual botol 500ml berisi fresh air atau udara dalam botol dari seantero negeri