Tanpa Penonton, Piala Presiden di GBLA Dipindah ke Stadion Si Jalak Harupat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 20 Juni 2022
Tanpa Penonton, Piala Presiden di GBLA Dipindah ke Stadion Si Jalak Harupat
Stadion Si Jalak Harupat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

MerahPutih.com - Dua suporter Persib, yakni Sofian Yusuf dan Asep Ahmad Solihin, meninggal dunia akibat berdesak-desakan saat memasuki stadion. Peristiwa itu terjadi saat laga Grup C Piala Presiden 2022 Persib melawan Persebaya Surabaya di Stadion Stadion Gelora Bandung Lautan Api GBLA, Bandung, Jumat (17/6).

Atas peristiwa duka tersebut, laga lanjutan Piala Presiden 2022 untuk Grup C yang digelar di Bandung lokasinya dipindah dari GBLA ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dengan kondisi tanpa penonton.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah ia melakukan rapat bersama PSSI, panitia pelaksana, dan para suporter. Adapun pemindahan itu merupakan buntut dari tewasnya dua suporter di GBLA.

Baca Juga:

Pesan Kapten Persib Usai Meninggalnya 2 Bobotoh

"Hasilnya pertandingan tetap dilaksanakan pada hari ini, Bali United dan Persebaya di Jalak Harupat tanpa penonton, besok (Selasa) Bhayangkara dan Persib di Jalak Harupat tanpa penonton," kata Kusworo di Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (20/6), dikutip Antara.

Dengan adanya keputusan tersebut, polisi meminta kepada manajemen tim atau pihak terkait lainnya supaya mengingatkan agar tidak ada suporter yang berangkat ke stadion.

"Kami mengimbau silakan menyaksikan di rumah masing-masing saja dan silakan beberapa kelompok nonton bareng di tempatnya masing-masing. Namun tidak untuk hadir di stadion," katanya.

Baca Juga:

Jelang Derby Jateng di Piala Presiden, Ganjar Minta Suporter Jaga Etika Persaudaraan

Meski digelar tanpa penonton, Kusworo mengatakan, Polres Bandung tetap melakukan pengamanan dengan menerjunkan personel untuk menghalau penonton datang.

"Ada 1.300 personel yang disiapkan, baik malam ini ataupun besok 1.300 ya, kami perkuat di jalan raya, pintu tol untuk menghalau sama di pintu masuk kawasan dan di pintu tribun," kata Kusworo.

Sebelumnya, empat pertandingan Piala Presiden untuk Grup C digelar di Stadion GBLA sejak Minggu (12/6). Namun pada Jumat (17/6)/

Pada saat digelarnya laga mempertemukan Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya, saat peristiwa meninggalnya dua orang suporter,
seharusnya penonton yang hadir di stadion dibatasi hanya 15 ribu orang. Namun, penonton yang datang nyaris mengisi penuh tribun stadion hingga hampir 38 ribu orang. (*)

Baca Juga:

Debut Dewa United FC di Piala Presiden Berakhir Imbang 2-2 Vs PSIS Semarang

#Breaking #Piala Presiden #Persib
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan