Kesehatan

Tanpa Obat, Sembuh Dari Sakit Kepala Itu Gampang Banget!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 31 Desember 2018
Tanpa Obat, Sembuh Dari Sakit Kepala Itu Gampang Banget!
Jangan bergantung dengan obat (Foto: Pexels/Genaro Servin)

SERING merasa kepala berdenyut-denyut? Sakitnya memang enggak terbayang kalau lagi sakit kepala. Semua aktivitas pun rasanya sulit dilakukan, meskipun sebenarnya gampang. Wajar, sakit kepala memang sering menyerang kebanyakan orang. Menurut WHO, setidaknya sekitar setengah dari populasi umum atau 90% orang yang mengalami sakit kepala.

Untuk mengatasi sakit kepala bisa dengan mengonsumsi obat. Reaksinya memang cepat. Tapi sebenarnya enggak baik untuk kesehatan kamu. Terlalu banyak mengonsumsi obat sakit kepala bisa menyebabkan masalah perut. Demikian menurut Maria Vila, DO, dokter di Chambers Center for Well Being, Atlantic Health System sebagaimana dilansir dari Men's Health.

Nah, daripada kamu bergantung dengan obat, kamu bisa mengatasi sakit kepala dengan cara ini.

1. Banyak minum air putih

Jagalah tubuh kamu selalu terhidrasi (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Kata Dr. Villa dehidrasi ialah penyebab umum sakit kepala. Saat kamu enggak punya cairan tubuh yang cukup, volume darah akan berkurang secara keseluruhan. Sehingga bisa membuat otak berkontraksi untuk sementara. Hasilnya membuat kepala kamu sakit. Dengan menjaga tubuh kamu terhidrasi, maka bisa menangkal kurangnya aliran darah yang menyebabkan kepala sakit.

2. Perbaiki waktu tidur

Tidurlah 6-8 jam sehari (Foto: Pexels/bruce mars)

Tidurlah 6-8 jam sehari. Peneliti dari Missouri State University menemukan bahwa tikus yang kurang tidur nyenyak menunjukkan perubahan protein kunci yang menekan rasa sakit kronis. Meskipun penelitian dilakukan pada hewan, temuan ini sejalan dengan penelitian lain yang menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan sakit kepala pada manusia.

Otak dapat melakukan banyak pekerjaan saat sedang sakit. Menurut National Institutes of Health (NIH), tidur sangat penting untuk berbagai fungsi otak, termasuk penghilangan racun dan pemeliharaan jalur komunikasi dan sel-sel saraf. Selain menyebabkan sakit kepala, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, depresi, dan obesitas.

3. Olahraga

Jangan malas berolahraga (Foto: Pexels/bruce mars)

Olahraga dapat mengatasi sakit kepala. Kegiatan ini dapat mengurangi stres yang selalu berujung dengan sakit kepala. Sebuah studi yang meneliti penderita sakit kepala sakit leher, dan migrain menemukan bahwa 45 menit olahraga tiga kali seminggu secara signifikan mengurangi semua gejala tersebut. jadi mulai sekarang jangan malas olahraga lagi ya supaya kamu enggak gampang sakit kepala.

Bagaimana sahabat Merah Putih, gampang kan mengatasi sakit kepala? (ikh)

Baca juga: Cara Mudah untuk Mengatasi Brain Fog

#Sakit #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan