Film

Tanpa Naskah, Empat Momen dari Film MCU ini Justru Ikonik

P Suryo RP Suryo R - Senin, 03 Mei 2021
Tanpa Naskah, Empat Momen dari Film MCU ini Justru Ikonik
Adegan-adegan ikonik dari film Marvel yang ternyata dibuat tanpa naskah. (Foto: Marvel Studios)

TAK dimungkiri, hampir semua film Marvel benar-benar ikonik. Cerita yang disuguhkan, lengkap dengan berbagai karakter dan teknologinya bikin banyak orang jatuh cinta. Namun, tahukah kamu sejumlah adegan kerennya ternyata lahir tanpa naskah, alias spontan.

Justru kebebasan improvisasi ini yang akhirnya memunculkan adegan ikonik tak terlupakan buat para penggemar. Mulai dari adegan kematian sampai perbuatan lucu, ini dia empat momen ikonik dari film Marvel yang enggak ada di naskah.

Baca Juga:

Episode Akhir Tiba, Para Pemain ‘Vincenzo’: Terima Kasih

1. Kalimat 'I am Iron Man'

film
I am Iron Man adalah spontanitas Robert Downey Jr. (Foto: Marvel Studios)


Di akhir film 'Iron Man' pertama, Tony Stark buka suara dalam konferensi pers untuk menjelaskan rumor pahlawan supernya. Akan tetapi, di saat-saat terakhir Stark malah membuang kartunya dan mengatakan akulah Iron Man dengan lantang. Ternyata, momen tersebut tidak ada sama sekali dalam naskah.

"Jika kamu mengubah sesuatu tanpa alasan, itu satu hal, tetapi jika kamu mengubah sesuatu karena ingin melipatgandakan semangat karakter itu? Itu adalah perubahan yang akan kita buah," ucap produser dan presiden Marvel Studios, Kevin Feige.

Menurutnya ketika Tony Stark tidak membaca kartunya dan malah menyebutkan bahwa dialah Iron Man adalah gambaran dari karakternya itu sendiri. Oleh sebab itulah, pihak studio tidak menggantinya. Justru momen ini jadi sesuatu yang sangat ikonik buat para fan, bahkan sampai menutup saga Iron Man pada kepergiannya di 'Avengers: Endgame'.

2. Adegan 'get help' di 'Thor Ragnarok'

film
Adegan kocak ini adalah ide yang dilontarkan sendiri oleh Chris Hemsworth. (Foto: Marvel Studios)


Film Thor ketiga memang mengundang lebih banyak tawa dibandingkan dua proyek sebelumnya. Salah satu yang enggak kalah mengesankan adalah momen meminta pertolongan yang dilakukan Thor dan Loki di lift.

Dalam adegan tersebut, sang Dewa Petir memaksa adik tirinya untuk berpura-pura terluka agar ia bisa melempar Loki ke arah para penjaga. Berkat momen itu, banyak penonton yang sontak langsung tertawa ngakak melihat aksi lucu itu. Baru diketahui kemudian kalau ternyata ini tidak ada dalam naskah.

Dalam podcast episode 'Empire' tahun 2017, Taika Waititi selaku sutrdara memang mendorong aktornya untuk 'off-script'. "Itu adalah idenya (Hemsworth)," terang Waititi mengenai adegan 'get help' itu.

"Ada banyak hal dalam film ini yang datang langsung dari masukkannya. Saya sangat beruntung memiliki seseorang yang sangat tertarik bukan hanya pada emosi adegan, tetapi juga ingin bersenang-senang," tambah Waititi. Terkadang ide yang lahir dari kreativitas justru malah membuahkan hasil yang baik ya?

Baca Juga:

‘Voyagers’, Antara Percaya Akal Sehat atau Hawa Nafsu

3. Kematian Spider-Man diimprovisasi

film
Holland dan aktor lain merekam ulang adegan kematian Spider-Man tanpa naskah. (Foto: Marvel Studios)


Penggemar sedih sekali ketika melihat Peter Parker menghilang pelan-pelan di 'Avengers: Infinity War'. Bersama dengan Stark, penonton juga ikut terpukul saat menyaksikan adegan itu. Saat Peter mengetahui dia sedang sekarang, ia berulang kali memberi tahu Tony bahwa ia tidak ingin pergi.

Setelahnya, banyak rumor bermunculan yang mengklaim bahwa Holland sepenuhnya melakukan improvisasi dalam momen-momen terakhir Peter itu. "Itu improvisasi karena pada dasarnya kami melakukan improvisasi yang lama dan itu tidak bagus, tapi itu memicu ide yang bagus," ucap Holland. Barulah kemudian mereka merekam ulang adegannya dan melahirkan adegan tersebut.

4. Tak ada skrip di adegan kematian Tony Stark

film
fKematian Iron Man di Avengers Endgame direkam tanpa skrip. (Foto: Marvel Studios)


Tak hanya momen kematian Spider-Man saja yang merupakan hasil improvisasi. Ini juga terjadi pada adegan terakhir Iron Man di 'Avengers: Endgame'. Dalam wawancara dengan 'Pinkvilla', Holland menyebutkan bahwa tidak ada naskah asli ketika mereka merekam kematian Stark.

"Mereka membawa kami ke set, memberi tahu kami apa yang akan terjadi atau apa yang mereka inginkan terjadi, dan kemudian kami semacam berimprovisasi," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa itu adalah cara yang menarik untuk merekam adegan yang sangat penting dari film tersebut. Ketika tak ada naskah, para pemain bisa dengan bebas berakting. Hal ini juga membantu mereka memunculkan emosi yang jujur. Maka enggak heran kalau banyak penggemar keluar dengan mata sembap setelah menonton film itu. (sam)

Baca Juga:

3 Drakor Paling Diminati yang Akan Rilis Mei 2021

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan