Tanpa Kehadiran Ibunda, AHY Akui Berat Jalani Lebaran Kali ini Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengucapkan Selamat Hari Raya IdulFitri 1 Syawal 1441 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia.

AHY bersama keluarga merayakan Lebaran secara sederhana di kediaman sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:

Jokowi Akui Lebaran 2020 Terasa Berat Lantaran Ada Pandemi Corona

Intinya perayaan dilakukan di rumah saja sesuai anjuran pemerintah dan MUI.

"Insya Allah tidak akan mengurangi rasa syukur dan bahagia kami menyambut Idulfitri," ucap AHY kepada wartawan, Minggu (24/5).

AHY saat pemakaman Ibu Ani Yudhoyono tahun lalu
AHY saat pemakaman sang ibu Ani Yudhoyono. (MP/Asropih)

Kesederhanaan menyambut Lebaran, dalam rangka menyesuaikan diri dengan kondisi bangsa yang sedang berjuang mengatasi Covid-19. Perasaan duka juga masih menyelimuti keluarga setelah wafatnya Ibu Ani Yudhoyono.

"Idulfitri kali ini masih berat bagi keluarga kami. Ibu Ani berpulang tanggal 27 Ramadhan tahun lalu. Artinya, tahun ini adalah tahun kedua Idulfitri tanpa Ibu," tutur AHY.

AHY menambahkan, Sang Ibu biasanya paling sibuk menyiapkan makanan dan pakaian sekeluarga, baik untuk Salat Id maupun open house.

"Terlalu banyak kenangan manis bersama almarhumah Ibu. Tapi Allah SWT punya kehendak yang lebih baik. Kita sama-sama doakan terus ya agar Bu Ani dan orang-orang tua kita yang lain yang sudah berpulang agar tenteram di alam barzah," kata AHY.

Dia menyampaikan, sekalipun Idul Fitri kali ini berbeda, semangat kemenangan ini harus menyatukan untuk melawan pandemi.

"Mari kita tingkatkan solidaritas, bersama kita hadapi ujian yang berat ini. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin," tutupnya.

AHY mengajak kader Demokrat untuk melawan covid-19 dengan virus kebaikan yaitu berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan atau terdampak corona. Kepedulian dan rasa saling berbagi menurutnya mencerminkan nilai Idul Fitri yang identik dengan silaturahmi.

"Mari lawan covid-19 yang berbahaya ini dengan virus kebaikan, virus peduli, dan virus berbagi. Kita tahu covid-19 berdampak bagi seluruh umat manusia dan dalam tradisi Idul Fitri kita menjalankan ibadah sekaligus bersilaturahmi," katanya.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Salat Id di Wisma Bayurini, Kompleks Istana Bogor

AHY berharap kader Demokrat ikut menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah covid-19. Dia berharap masyarakat beradaptasi dengan kehidupan new normal selama pandemi dan setelah wabah berakhir.

"Jangan-jangan kita harus beradaptasi cepat untuk menghadapi dan menyesuaikan diri dengan hidup normal baru baik selama atau setelah pandemi berakhir," kata putra sulung Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu.(Knu)

Baca Juga:

Pemprov DKI Bakal Sulit Hadapi Warga Mudik Lokal Saat Lebaran



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH